PTS Dilibatkan Sebagai Duta Edukasi Perubahan Perilaku

Loading

JAKARTA (Independensi.com) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III membentuk Duta Edukasi Perubahan Perilaku.

LLDIKTI Wilayah III selanjutnya menunjuk beberapa perguruan tinggi, diantaranya: ITL Trisakti, Kalbis Institute, Institut Bisnis Nusantara serta beberapa kampus di Wilayah Jakarta Timur sebagai Duta Perubahan Perilaku bagi Masyarakat di Wilayah Jakarta Timur yang masuk ke dalam Zona Merah Covid-19.

Para Duta Perubahan merupakan mahasiswa yang ditunjuk oleh pihak perguruan tinggi dan bertugas melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan.

Kegiatan edukasi dilakukan di beberapa Lokasi seperti Stasiun kereta api, Kantor Kelurahan serta ke tengah warga sejumlah perumahan di Jakarta Timur.

“Kegiatan edukasi ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Perguruan Tinggi yang dalam hal ini DOSEN dan Mahasiswa dalam melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu isi Tri Darma Perguruan Tinggi” ujar Rachmat Simon Gultom dari Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, yang menjadi coordinator kegiatan ini.

Sementara itu, S.F.D. Arie Wibowo selaku wakil coordinator tim Duta mewakili Kalbis Institute mengatakan bahwa kegiatan edukasi perubahan perilaku menjadi wujud kehadiran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Edukasi ini menjadi ajang bagi mahasiswa untuk untuk berkontribusi membantu pemerintah mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini”.

“Kami merasa bersyukur dan tertantang dalam menerima amanah pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan. Kami berharap, Masyarakat tetap Sadar dan Terus Menerus menjalanakan Protokol Kesehatan yg dikenal dengan 3M,” ujar Elisabeth, Dosen Institut Bisnis Nusantara yang juga ditunjuk sebagai pembimbing lapangan dalam kegiatan ini. (hpr)