Wapres Berharap MUI Segera Keluarkan Fatwa Terkait Vaksin Covid 19 Sinovac

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar segera mengeluarkan fatwa terkait vaksin Sinovac yang akan dipakai di Indonesia sebelum 13 Januari atau kira-kira pekan depan.

Seperti diketahui, saat ini tim Auditor MUI sudah menyelesaikan audit lapangan terkait vaksin Covid-19. “Masalah izin dan fatwa halal ini sudah ada kesepakatannya. Wapres berharap sertifikasi bisa tuntas sebelum 13 Januari 2021,” kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, saat menyampaikan pernyataan Wapres Ma’ruf di Istana Wapres Jakarta, Rabu, (6/1/2021).

Selain fatwa, lanjut Ma’ruf, tentunya kesimpulan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) juga sangat ditunggu.

“Keputusan dihasilkan kesepakatan, terkait pendistribusian dan penggunaan vaksin Sinovac yang akan dilakukan dalam waktu dekat,” sambungnya

Ma’ruf menyebut MUI dan BPOM adalah kunci terlaksananya distribusi vaksin. Sehingga vaksin benar-benar aman, terjamin mutu dan distribusi bisa merata.

“Wilayah kita kan kepulauan. Jadi harus dilakukan sejak awal, uji lapangan tuntas, tapi memang masih harus nunggu,” jelas Ma’ruf.