Dunia Prihatin Keselamatan Penerbangan di Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Dunia internasional prihatin dengan kualitas keselamatan penerbangan di Indonesia, pasca tewasnya 62 orang penumpang dan crew, setelah Sriwijaya Air rute Jakarta – Pontianak, jatuh di Laut Jawa di perairan Pulau Laki, Kabupaten Pulau Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Senin siang, 9 Januari 2021.

Kantor Berita Nasional Inggris, Reuters.com, Minggu, 10 Januari 2021, menurunkan reportase Jamie Freed dan Stanley Widianto, berjudul: “Sriwijaya Air crash places Indonesia’s aviation safety under fresh spotlight”, menyebutkan, musibah di Perairan Pulau Laki, menambah daftar panjang kualitas keselamatan penerbangan sipil di Indonesia.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah pula menyatakan turut berdukacita yang mendalam atas tewasnya 62 orang penumpang, dan berjanji akan melakukan hal yang terbaik di dalam mengevakuasi jenazah korban di kedalaman 23 meter.

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal TNI Hadi Tjahjanto SIP, mengakui, sudah mendetek kotak hitam atau black box, untuk segera dievakuasi bersamaan dan bangkai pesawat. Kotak hitam perlu segera diteliti untuk mengetahui rekaman percakapan pilot sebelum pesawat terjun bebas ke permukaan Laut China Selatan.

Rekor keselamatan udara kotak-kotak Indonesia kembali menjadi sorotan setelah sebuah jet Sriwijaya Air yang membawa 62 orang rute Jakarta – Pontianak, jatuh Laut Jawa, tepatnya di perairan Pulau Laki, Kabupaten Pulau Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Sabtu siang, 9 Januari 2021, menandai kecelakaan maskapai besar ketiga di negara itu hanya dalam waktu enam tahun.

Sebelum kecelakaan itu, ada 697 korban jiwa di Indonesia selama dekade terakhir termasuk pesawat militer dan pribadi, menjadikannya pasar penerbangan paling mematikan di dunia – di depan Rusia, Iran dan Pakistan – menurut database Aviation Safety Network.

Kecelakaan Sriwijaya jenis Boeing  737-500 menyusul hilangnya Lion Air 737 MAX pada Oktober 2018 yang berkontribusi pada landasan global model dan jatuhnya AirAsia Indonesia Airbus SE A320 pada Desember 2014.

Kecelakaan Lion Air, yang menewaskan 189 orang, adalah kejadian luar biasa karena mengungkapkan masalah mendasar dengan model pesawat dan memicu krisis keselamatan di seluruh dunia untuk Boeing. Bahkan tidak termasuk kematian akibat kecelakaan itu, peringkat Indonesia akan di atas Rusia jika tidak ada yang selamat dari kecelakaan hari Sabtu, 9 Januari 2021.

Indonesia, sebuah negara kepulauan dengan ribuan pulau, sangat bergantung pada perjalanan udara dan masalah keselamatannya menggambarkan tantangan yang dihadapi maskapai yang relatif baru saat mereka mencoba untuk mengimbangi permintaan yang tak terhentikan untuk perjalanan udara di negara-negara berkembang sambil berjuang untuk standar yang dibutuhkan pasar yang matang selama beberapa dekade. untuk mencapai.

Menurut catatan Reuters.com, dari 2007 hingga 2018, Uni Eropa melarang maskapai penerbangan Indonesia menyusul serangkaian kecelakaan dan laporan pengawasan dan pemeliharaan yang memburuk. Amerika Serikat menurunkan evaluasi keselamatan Indonesia ke Kategori 2, yang berarti sistem peraturannya tidak memadai, antara tahun 2007 dan 2016.

Rekor keselamatan udara Indonesia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menerima evaluasi yang baik dari badan penerbangan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2018.

Namun di negara dengan jumlah korban tewas yang besar akibat kecelakaan kendaraan dan feri, budaya keselamatan berjuang melawan pola pikir yang membuatnya tak terelakkan. untuk beberapa crash terjadi, kata para ahli.

“Kecelakaan hari Sabtu tidak ada hubungannya dengan MAX, tetapi Boeing sebaiknya memandu Indonesia – yang memiliki catatan keselamatan udara kotak-kotak – untuk memulihkan kepercayaan pada industri penerbangannya,” kata Shukor Yusof, kepala konsultan penerbangan yang berbasis di Malaysia Endau Analytics.

Pihak berwenang menemukan perekam data penerbangan jet Sriwijaya dan perekam suara kokpit pada hari Minggu, tetapi para ahli mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan faktor-faktor yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat yang berusia hampir 27 tahun itu.

Penerbangan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, bandara yang sama tempat jet Lion Air lepas landas dan segera jatuh ke laut. Jet Sriwijaya naik ke ketinggian 10.900 kaki dalam waktu empat menit tetapi kemudian mulai turun tajam dan berhenti mengirimkan data 21 detik kemudian, menurut situs pelacakan FlightRadar24.

“Ada banyak suara yang dibuat tentang kecepatan penurunan terakhirnya,” kata Geoff Dell, pakar investigasi kecelakaan udara yang berbasis di Australia. “Ini indikasi dari apa yang terjadi tapi kenapa itu terjadi masih dalam banyak hal masih tebakan. Ada banyak cara untuk menurunkan pesawat dengan kecepatan itu.”

Dia mengatakan penyelidik akan melihat faktor-faktor termasuk kegagalan mekanis, tindakan pilot, catatan perawatan, kondisi cuaca, dan apakah ada gangguan yang tidak sah dengan pesawat. Sebagian besar kecelakaan udara disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor yang perlu waktu berbulan-bulan untuk ditetapkan.

“Catatan keamanannya beragam,” kata Greg Waldron, editor pelaksana Asia di publikasi industri FlightGlobal. Dia mengatakan maskapai telah menghapus tiga 737 antara 2008 dan 2012 karena pendaratan yang buruk yang mengakibatkan runway overruns, dengan kecelakaan 2008 mengakibatkan satu kematian dan 14 cedera.

Maskapai ini pada akhir 2019 mengakhiri kemitraan selama setahun dengan maskapai nasional Garuda Indonesia dan telah beroperasi secara independen.

Tepat sebelum pakta berakhir, lebih dari separuh armada Sriwijaya telah dihentikan oleh Kementerian Perhubungan karena masalah kelaikan udara, menurut laporan media pada saat itu.

Sriwijaya tidak segera menanggapi permintaan komentar. Kepala eksekutif maskapai mengatakan pada hari Sabtu bahwa pesawat yang jatuh dalam kondisi baik.

Seperti maskapai Indonesia lainnya, Sriwijaya telah memangkas jadwal penerbangannya selama pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19), yang menurut para ahli akan diperiksa sebagai bagian dari penyelidikan.

“Tantangan yang dihadapi pandemi berdampak pada keselamatan penerbangan,” kata Chappy Hakim, analis penerbangan Indonesia dan mantan pejabat angkatan udara. “Misalnya, pilot atau teknisi dikurangi, gaji tidak dibayar penuh, pesawat di-grounded.” (Aju)