Presiden China Xi Jinping

Seratus Tahun Partai Komunis, China Berhasil Jadi Negara Sosialis Modern

BEIJING (Independensi.com) – Republik Rakyat China mengklaim Partai Komunis China atau Chinese of Party Communist (CPC), yang sudah berkuasa selama 100 tahun secara lebih disiplin serta ketat, didasarkan kebudayaan China, menawarkan jaminan yang kuat, telah menghantarkan China menjadi sebuah negara sosialis modern dan paling maju di abad ke-21.

Demikian Kantor Berita Nasional China, Xinhuanet.com, Sabtu, 23 Januari 2021, menanggapi 100 tahun CPC, Jumat, 22 Januari 2021. China dibangun didasarkan kebudayaan China, telah menghantarkan negara ini sebagai negara maju dari aspek ekonomi di abad ke-21, mengalahkan hegemoni Amerika Serikat dan Negara Barat sepanjang abad ke-20.

“Ini menegaskan pencapaian konstruksi CPC selama tahun 2020 yang luar biasa sementara sangat mementingkan pengetatan tata kelola CPC untuk menjaga rencana pembangunan masa depan negara,” tulis Xinhuanet.com.

Disiplin diri dan mereformasi diri dalam konteks demokratisasi, sesuai perkembangan jaman, tetapi tetap bertitik tolak dari kebudayaan China telah menjadi gen dari Partai Komunis China sejak Partai didirikan satu abad yang lalu.

Dengan keberanian, CPC telah meningkatkan tingkah laku Partai, membangun pemerintahan yang bersih, dan memberantas korupsi untuk menjaga kemurnian dan sifatnya yang maju.

CPC terus berupaya untuk memperkuat tata kelola atas dirinya sendiri dan memiliki tekad yang kuat untuk mengawasi kekuasaan dan menegakkan disiplin. Upaya-upaya ini tidak hanya membuat orang-orang mengikuti kepemimpinannya tetapi juga menjadi pendukung yang kuat bagi orang-orang di saat-saat badai dan mendapatkan dukungan mereka.

Menghadapi pertempuran sengit melawan epidemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19), bencana banjir di bagian tengah dan timur negara itu, serta kemiskinan ekstrem di daerah pedesaan, “pandai besi yang baik” berhasil bertahan dalam uji tekanan dan membuat “baja yang baik”.

Prestasi yang diraih dengan susah payah ini tidak dapat diraih tanpa tekad kuat Partai melawan korupsi dan pelanggaran disiplin.

Misalnya, menurut Xinhuanet.com, pada paruh pertama tahun 2020, di Hubei saja, sebanyak 15.509 orang dihukum dalam 14.534 kasus kelalaian tugas dan pelanggaran disiplin dalam pencegahan dan pengendalian epidemi Covid-19.

Dari Januari hingga November tahun 2020, sebanyak 9.554 pejabat Partai dimintai pertanggungjawaban karena gagal memenuhi tanggung jawab pengentasan kemiskinan mereka.

Namun, situasinya tetap menantang dan kompleks. Korupsi adalah risiko terbesar bagi tata kelola Partai, dan jenis penipuan baru menjadi terjalin.

“Oleh karena itu, pengawasan CPC harus selalu ketat, dengan sistem Partai dan pengawasan negara yang ditingkatkan, dan mengintegrasikan pengawasan ke dalam pembangunan masa depan China. Hal itu akan memastikan pejabat tidak berani, tidak mampu, dan tidak mau korup,” tulis Xinhuanet.com

Untuk sepenuhnya membangun negara sosialis modern pada pertengahan abad tidak akan berarti berjalan di taman, dan itu akan membutuhkan lebih dari pemukulan drum dan dentingan gong untuk sampai ke sana, dengan seluruh Partai bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan ini.

Oleh karena itu, CPC membutuhkan disiplin yang ketat sehingga CPC dapat memastikan kepemimpinannya yang kuat dan tegas dalam perjalanan modernisasi China.

“CPC berusia seabad, dengan kemampuannya yang selalu ada untuk mereformasi diri, mencapai tujuan seratus tahun pertamanya untuk membangun masyarakat yang cukup makmur dalam kerangka waktu yang ditentukan dan pasti akan memimpin bangsa menuju kemenangan di detik ini,” demikian Xinhuanet.com. (aju)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *