SMP 2 Kudus Klaim, Pemilihan OSIS Virtual Lebih LUBER

KUDUS (IndependensI.com) – SMP 2 Kudus menggelar kegiatan pemilihan Ketua OSIS secara virtual pada Sabtu, 13 Maret 2021. Proses voting yang dilakukan secara virtual ini diklaim lebih LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia -red).

Kepala SMP 2 Kudus, Sujarwo mengatakan pandemi covid membuat pemilihan Ketua OSIS tahun ini digelar pihaknya secara virual dari rumah. Dengan menggunakan perangkat Microsoft Office 365 tak kurang 800 siswanya menyalurkan suaranya dalam pemilihan umum kali ini.

“Proses voting pakai Microsoft Office 365. Siswa yang telah diberi username bisang langsung Log In bisa langsung menyalurkan suaranya di sana. Kami beri batas waktu voting dari pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB,” jelasnya di sela-sela proses pemantauan hasil real count pemilihan Ketua OSIS.

Lebih lanjut, Sujarwo menjelaskan proses pemilihan Ketua OSIS tahun ini digelar sepenuhnya secara virtual. Mulai dari proses seleksi calon kandidat, penyampaian visi-misi, proses voting hingga pengumuman pemanang.

Proses yang serba virtual ini diklaim Sujarwo lebih mencerminkan asas pesta demokrasi, yakni luas, bebas, umum dan rahasia atau dikenal dengan istilah LUBER.

“Pemilihan secara virtual membuat prosesi voting bisa lebih bebas dan rahasia. Karena antara anak satu dengan yang lainnya tidak saling mengetahui. Jadi pembelajaran demokrasinya bisa lebih terasa,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua OSIS SMP 2 Kudus periode 2020-2021, Fashna Iftirosyana mengatakan ada lima kandidat yang maju dalam pemilihan kali ini. Mereka adalah Najwa Hendarto, Keysha Anggun NL, Rifqi Sabastian Tio, Viandara Maulida dan Andra Lugas N.

“Pemilihan Ketua OSIS kali ini kita pakai real count. Sehingga seluruh siswa dan para kandidat bisa secara langsung melakukan pemantauan hasil voting,” tuturnya. (Nil)