Pemprov DKI Siapkan 38 Armada Bus Sekolah Untuk Vaksinasi Lansia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebanyak 38 armada bus sekolah disiapkan Pemprov DKI untuk membantu layanan antar jemput warga lanjut usia yang akan menerima vaksinasi di 13 wilayah kecamatan. Lansia yang diantar merupakan warga yang terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi di faskes yang jauh dari tempat tinggalnya.

Jumlah bus ditambah mulai hari ini karena layanan antar jemput bus sekolah ini dinilai sangat membantu masyarakat yang mau divaksin khususnya lansia. Pada tahap awal, 25 unit bus dengan 55 personel telah disebar di 5 wilayah kota.

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI, Ali Murthadho mengatakan, penambahan tersebut masih bisa meningkat, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat, khususnya lansia.

“Jumlah ini masih bisa kita tambah lagi jika permohonan warga masih meningkat. Prinsipnya bus sekolah juga berperan dalam program vaksinasi ini,” kata Ali dikutip dari siaran resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (22/3).

Bus melakukan pengangkutan berdasarkan titik jemput yang telah ditentukan dengan jam operasional sesuai kebutuhan. Kemudian mengantarkan kembali lansia yang telah divaksinasi menuju titik jemput awal.

Ali menjabarkan, 38 armada bus sekolah yang tersebar di 13 kecamatan yaitu Kecamatan Jatinegara, Cakung, Pulogadung, Kramat Jati, Makasar, Pademangan, Kemayoran, Cengkareng, Tanjung Priok, Pancoran, Grogol Petamburan, Tanah Abang, Kebon Jeruk.

“Dari 13 wilayah kecamatan ini, bus sekolah disiagakan di kantor kelurahan maupun lokasi lain yang telah ditentukan pihak kelurahan,” kayanya.

Untuk wilayah Jakarta Timur, armada bus sekolah disiagakan di kantor Kelurahan Tengah, Cipinang Muara, Cipinang Besar Utara, Rawamangun, Kebon Pala, Halim Perdanakusuma, Pinang Ranti. Ujung Menteng, Cakung Timur, Cakung Barat dan kantor Kelurahan Jatinegara.

Di Jakarta Utara, penjemputan dilakukan di kantor Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan Timur, Ancol, Kebon Bawang. Jakarta Pusat di Kantor Kecamatan Kemayoran dan Tanah Abang,

Jakarta Barat di Kelurahan Cengkareng Timur, Grogol, Sukabumi Selatan. Jakarta Selatan di Kelurahan Cikoko, Rawajati, Kalibata.

Upaya ini diharapkan mampu meringankan lansia dalam hal transportasi saat akan divaksin sehingga dapat menyukseskan program vaksinasi.