Kasus Positif Kembali Meningkat, Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Pengendalian Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Satgas Penanganan Covid 19 mencatat kasus positif dan kematian Covid-19 pada periode 15 hingga 21 Maret 2021 kembali meningkat.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, tidak ada temuan spesifik penyebab kasus positif dan kematian Covid-19 meningkat. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap waspada dan disiplin dalam menjalani protokol kesehatan 

Namun, lanjut, Wiku, kemungkinan peningkatan kasus positif dan kematian Covid-19 terjadi akibat sejumlah daerah di Indonesia mulai jenuh dalam menangani pandemi.

“Beberapa daerah mungkin sudah mulai sudah merasa jenuh dengan rutinitas penanganan Covid-19,” katanya, Rabu (24/4/2021).

Wiku berharap seluruh daerah tetap merawat semangat menangani pandemi Covid-19. Dia juga meminta kepala daerah meningkatkan upaya pengendalian Covid-19, misalnya dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Bagi seluruh daerah untuk meningkatkan upaya pengendalian Covid-19 baik melalui PPKM, PPKM Mikro maupun upaya lainnya,” tegasnya.

Sebelumnya, Wiku mengatakan kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan sebesar 2,3 persen pada periode 15 hingga 21 Maret 2021. Padahal, pada pekan lalu, kasus positif Covid-19 sempat menurun sebesar 11,62 persen.

“Kenaikan (kasus positif Covid-19) sebesar 2,3 persen ini meskipun angkanya kecil namun tetap lah kenaikan kasus baru yang seharusnya tetap kita jaga untuk selalu turun,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2/2021).

Wiku menyebut, ada lima provinsi yang mengontribusi kasus positif Covid-19 tertinggi pada periode 15 hingga 21 Maret 2021. Tiga di antaranya provinsi yang berasal dari Pulau Jawa. Lima provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Tengah.

Selain kasus positif, kasus kematian Covid-19 juga meningkat pada periode yang sama. Kasus kematian pada minggu ini meningkat sebesar 10 persen.

“Di minggu ini, kasus kematian (Covid-19) baru mengalami kenaikan 10 persen lebih besar dari minggu lalu yang naik sebesar 5,45 persen,” jelasnya.

Wiku menjelaskan, ada lima provinsi yang menyumbang kasus kematian Covid-19 tertinggi pada pekan ini. Yakni, Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah dan Jambi.