Keterbatasan Faskes Jadi Kendala Tak Tercapainya Target Vaksinasi 1 Juta Dosis Perhari

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Program vaksinasi massal masih terus digalakan pemerintah. Terhitung sejak program ini pertama kali dijalankan 13 Januari 2021. Total masyarakat yang sudah divaksinasi Covid-19 sebanyak 5.978.251 orang untuk dosis pertama dan 2.709.545 orang dosis kedua.

Rata-rata harian jumlah suntikan vaksin Covid-19 dalam seminggu terakhir sebesar 375.442 untuk dosis pertama dan kedua. Angka ini jauh dar target pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 1 juta dosis per hari.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengakui pemerintah belum bisa mencapai target vaksinasi Covid-19 1 juta per hari. Salah satu penyebabnya, fasilitas pelayanan kesehatan memiliki keterbatasan dalam memberikan vaksinasi Covid-19.

“Kapasitas puskesmas itu paling banyak antara 50 sampai 150 untuk memberikan penyuntikan dosis (vaksin Covid-19) per hari. Sementara rumah sakit itu antara 300 sampai 400, maksimum rumah sakit yang besar 500 untuk memberikan vaksinasi,” katanya dalam diskusi virtual, Rabu (24/3/2021).

“Jadi dengan kapasitas seperti ini, walaupun kita memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang besar tidak akan mengejar kecepatan 1 juta dosis per hari,” sambungnya.

Meskipun kapasitas fasilitas pelayanan kesehatan terbatas, pemerintah terus berkomitmen meningkatkan kemampuan vaksinasi Covid-19. Caranya dengan membuka sentra vaksinasi Covid-19 massal.

Nadia menyebut, saat ini pemerintah sudah menggandeng Asosiasi Telemedicine Indonesia, pihak swasta hingga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuka sentra vaksinasi Covid-19 massal.

Harapannya, sentra vaksinasi Covid-19 massal meningkatkan kemampuan pemerintah untuk mencapai target vaksinasasi Covid-19 1 juta dosis per hari.

“Adanya sentra vaksinasi bersama ini, ini lah yang harus kita munculkan di berbagai daerah terutama di kota-kota yang memiliki penduduk besar dan terkosentrasi. Karena tadi dengan melakukan vaksinasi bersama akan sangat mempercepat proses vaksinasi,” ujarnya.

Selain mendorong sentra vaksinasi Covid-19 massal, pemerintah juga tetap berupaya menambah jumlah vaksinator dan distribusi vaksin Covid-19.

“Kita upayakan untuk terus pada saatnya vaksin yang tersedia mencukupi dan target kita harus kita tingkatkan maka tren vaksinasi itu mencapai 1 juta dosis per hari,” imbuhnya.