Mendagri Minta ASN dan Pegawai BUMN Patuhi Larangan Mudik Pemerintah

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mematuhi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik lebaran tahun ini. Sebab, mudik lebaran dapat memperluas sebaran Covid-19.

Tito mengungkapkan, kebijakan pemerintah pusat berdasarkan berbagai pertimbangan, utamanya masih dalam situasi pandemi. Lalu lintas orang dikhawatirkan dapat menambah kasus dan sebarannya.“Karena masih pandemi, ASN dan pegawai BUMN dilarang mudik,” ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Tito juga mengajak untuk turut mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang digelar pemerintah hingga Desember 2022 dengar target dua pertiga total penduduk Indonesia. ASN dan BUMN dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitarnya agar bersedia divaksin dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona.

“Health imunity baru terbentuk setelah dua pertiga penduduk divaksin. Karena itu ditarget rampung pada 2022,” kata dia.

Meski sudah divaksinasi, bukan berarti protokol kesehatan ditinggalkan. Justru kebiasaan itu menjadi kebutuhan dan kembali didisiplinkan.“Meski sudah divaksin risiko tertular masih tetap ada, tapi bisa diatasi dengan penguatan antibodi agar tidak bergejala berat,” imbuhnya.