Menkoperekonomian Jabarkan 4 Pilar Strategi Kembangkan Ekonomi Digital

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjabarkan sejumlah strategi pemerintah untuk mengembangkan ekonomi digital di Indonesia. Strategi tersebut, berlandaskan 4 pilar utama. Pertama, pengembangan SDM khususnya bagi talenta di bidang sains dan teknologi.

“Kedua, infrastruktu digital dan fisik yang kuat untuk meningkatkan arus ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Airlangga dalam pembukaan FEKDI, Senin (5/4/2021).

Pilar ketiga ialah penyederhanaan birokrasi untuk mengurangi hambatan inovasi. Pilar terakhir ialah riset dan inovasi digital untuk memberi nilai tambah industri serta mendorong transformasi ekonomi.

Dia menjelaskan, kerangka strategi ini juga menyangkut beberapa hal lintas sektor, seperti mempercepat digitalisasi di sektor bisnis dan industri, meningkatkan peluang dan pengembangan untuk mendorong konektivitas digital, lalu mendorong koordinasi antar sektoral dan lembaga.

Untuk mendukung ini, pemerintah telah menyiapkan beberapa action plan baik dalam jangka pendek maupun panjang. “Implementasi strategi digital para pemangku kepentingan telah diidentifikasi, di mana action plan dipimpin Kementerian/Lembaga,” katanya.