Tips Memasak Tteokbokki Agar Semakin Lezat

JAKARTA (IndependensI.com) – Menjamurnya musik K-Pop dan drama Korea secara tidak langsung juga membuat para penggemarnya mempelajari budaya mereka. Salah satu budaya yang paling banyak dipelajari dan juga digemari adalah berkaitan dengan makanan orang Korea. Sama seperti Indonesia yang memiliki penjual makanan di kaki lima, Korea juga memiliki aneka ragam makanan street food.

Jenis tersebut yang saat ini cukup banyak terkenal dan memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi yaitu tteokbokki. Saat ini banyak pula yang menjualkan bahan makanan satu ini melalui online bahkan sekarang juga sudah banyak menjamur tempat makan yang khusus menjual menu khas Korea Selatan. Untuk mendapatkan tteokbokki memang cukup mudah, namun dalam memasaknya perlu mengetahui tips tertentu agar rasanya lebih enak.

Cara Membuat Olahan Tteokbokki Menjadi Semakin Lezat

Tteokbokki merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras, kemudian dipadukan dengan saus merah yang pedas. Kepopuleran makanan khas Korea satu ini saat ini sampai ke Indonesia karena juga berkat adanya drama Korea dan musik popnya. Camilan satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan banyak manfaat bagi tubuh.

Tidak hanya enak saja, tetapi tteokbokki juga mengandung protein di dalamnya dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Saat ini banyak tteokbokki yang dijual secara online sehingga mudah untuk dimasak sendiri di rumah. Namun, meskipun banyak yang instan, cara masaknya dapat mempengaruhi rasa dari camilan satu ini.

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat camilan khas Korea yang enak dan lezat.

Memasak Menggunakan Kaldu

Salah satu trik untuk menghasilkan camilan street food Korea yang enak ini adalah dengan menggunakan kaldu ikan. Biasanya ikan yang digunakan yaitu seperti ikan teri dan rumput laut.

Cara mendapatkannya cukup mudah, kedua bahan tersebut hanya perlu untuk direbus selama 15 menit. Kemudian, ikan teri dan rumput laut disaring sehingga mendapatkan airnya saja. Cara mencampurkannya juga cukup mudah, yaitu hanya dengan dituangkan pada sausnya.

Jika tidak dapat menemukan ikan teri seperti yang ada di Korea, maka dapat hanya dengan menggunakan ikan teri biasa. Di pasaran Indonesia banyak menyediakan ikan teri sehingga dapat menggunakan itu saja. Rasa yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda sehingga nantinya akan mirip dengan tteokbokki yang dijual di Korea.

Menyesuaikan Bumbu dengan Lidah Orang Indonesia

Tteokbokki yang berasal dari Korea ini tentu saja memiliki cita rasa yang khas dan pas dengan masyarakat yang berada di Korea itu sendiri. Pada tiap negara, biasanya mereka memiliki rasa khas yang lebih menempel dengan lidah lokal. Faktor ini dapat membuat masakan camilan tepung beras ini menjadi terasa aneh atau tidak sesuai dengan rasa yang biasa didapatkan pada berbagai makanan Indonesia.

Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan rasa bumbu yang digunakan agar lebih familiar dengan lidah sendiri. Cara ini dapat diterapkan dengan menambahkan bahan dasar, seperti gula maupun garam pada saat membuatnya.

Mencampurkan Tteokbokki dengan Ramen Korea

Apakah sering melihat tteokbokki menjadi topping dari berbagai makanan khas Korea lainnya? Hal ini dapat dicontoh dan ditiru agar camilan ini dapat terasa lebih nikmat. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan ramen Korea pada masakan tepung beras ini.

Banyak orang Korea yang juga sering menggabungkan kedua bahan makanan tersebut dan membuatnya menjadi terasa lebih nikmat. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bumbu yang ada pada ramen dengan saus tteokbokki. Cara memasak satu ini dapat digunakan bagi yang merasa tidak kenyang dengan hanya memakan camilan satu ini saja. Menambahkan ramen dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar.

Menggunakan Teknik Memasak dan Timing yang Benar

Tidak hanya memperhatikan cita rasa dari tteokbokki saja, tetapi juga perlu untuk memberikan fokus kepada tteok itu sendiri. Saus dari camilan ini memang penting, namun cara memasaknya juga harus benar. Misal untuk tteok yang beku perlu untuk direndam dalam air panas, kemudian baru dimasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *