Prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad Gelar Latihan Bersama Tentara Amerika

MAJALENGKA (IndependensI.com)Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 321 Galuh Taruna Kostrad menggelar pelatihan bersama dengan Tim MTT Security Force Assistance Brigade (SFAB) US Army, yang dipimpin Kapten Charles Leshauan Smith, di Markas Yonif setempat.Kegiatan ini dalam rangka hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Kedatangan tentara Amerika ini disambut baik oleh para prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad. Rangkaian kegiatan sendiri diawali dengan kegiatan penyambutan oleh Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 321/GT Kostrad, Letnan Kolonel Inf Octavian Englana P, kepada Tim MTT SFAB. Setelah itu dilanjutkan dengan foto dan pengenalan profil satuan Yonif R 321/GT Kostrad.

Danyonif Raider 321/GT Kostrad Letnan Kolonel Inf Octavian Englana P, mengucapkan selamat datang kepada prajurit Tim MTT SFAB, yang akan melaksanakan kegiatan latihan bersama. “Saya selaku Komandan Batalyon mengucapkan selamat datang di satuan kebanggan kami Yonif R 321/GT Kostrad,” kata Danyonif.

Menurut dia, suatu Kebanggan bagi pihaknya dapat menyelenggarakan latihan bersama dengan Tim MTT SFAB. Sebab tidak ada prajurit yang hebat, yang ada prajurit yang terlatih. Pihaknya berharap pelatihan bersama ini sebagai wujud kerja sama sekaligus hubungan bilateral dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit dalam mengemban tugas dan kewajibannya.

Dari hasil pantuan, setelah melaksanakan ramah tamah, TIM SFAB melanjutkan orientasi keliling satuan. Kemudian memasuki Aula Serba Guna untuk menerima materi Sejarah US ARMY dari Tim MTT SFAB. Kemudian hari berikutnya, US Army terus menjalin hubungan emosional dengan para prajurit Galuh Taruna untuk saling bertukar pikiran dan saling berbagi kemampuan tempur. Tidak hanya itu, mereka juga berolahraga bersama-sama untuk menjaga kesehatan dan kemampuan fisik.

“Seiring berjalannya waktu yang telah dilakukan antara US Army dan prajurit Galuh Taruna, rasa kebersamaan dan persahabatan terus tumbuh. Dengan adanya hubungan baik antara dua satuan dari negara yang berbeda ini, tentunya akan meningkatkan persahabatan di antara kedua negara,”kata Pasi Intel Yonif R 321/GT Kostrad, Letda Inf Gathaya Sukarnoadi S.Tr (Han)

Di hari terakhir, kata dia, Yonif R 321/GT menggelar Culture Night (malam budaya) yang ditujukan untuk memperkenalkan kebudayaan Majalengka, dan Provinsi Jawa Barat. Penampilan dari Sanggar Tari Sunda Rancage menarik perhatian para tentara amerika ikut bergembira akan kearifan budaya lokal.

“Setelah melaksanakan latihan, kegiatan ditutup dengan pementasan seni budaya yang menonjolkan kearifan lokal Majalengka dan Provinsi Jawa Barat,” tuturnya. (Chs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *