Maurits Mantiri Semangati Kontingen Bitung untuk Jambore Nasional Cibubur

Loading

BITUNG (Independensi)- Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM melepas Kontingen Bitung untuk Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI di Cibubur Jakarta tahun 2022, baru-baru ini.

Maurits Mantiri yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Bitung ini mengapresiasi apa yang telah dilakukan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bitung yang diketuai Kakak Rita Tangkudung, serta tim seleksi dan para Pembina.

Setelah melalui proses, Gerakan Pramuka Bitung berhasil menetapkan tim Jambore Nasional ke XI di Cibubur Jakarta Tahun 2022 Kwarcab Kota Bitung.

“Diawali dengan ketetapan hati, di tengah intervensi agar anak – anaknya bisa lolos, kami sudah ingatkan kepada pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bitung yang di ketuai Kakak Rita Mantiri Tangkudung, agar tidak main-main dengan intervensi,” ujar Maurits.

“Kami berpesan, ikuti mekanismes dan prosedur, pilih yang terbaik untuk bawa nama baik kontingen Kwarcab Pramuka Kota Bitung,” lanjutnya.

Maurits juga berpesan, kepada 18 peserta Jamnas ke-XI di Cibubur harus disiplin dan menghormati dua orang Pembina pendamping, dua orang staf kontingen dalam berkegiatan agar dapat meningkatkan kecakapan serta keterampilan menuju Pramuka yang baik.

Dia juga menyatakan, dalam menggapai sesuatu apalagi penghargaan tidak didapat dengan cara yang tidak benar, karena lebih baik tidak dapat penghargaan dari pada cari penghargaan dengan cara tidak baik.

Karena dengan kerja dengan baik meraih keberhasilan, pasti satu waktu diantara para Pramuka akan menjadi Walikota Bitung.

Berbicara kejujuran, disiplin dan kesetiaan Walikota Bitung mengaku belajar benar ketika mengikut kegiatan-kegiatan pramuka, karena ini modal besar, seperti hormati orang lebih tua.

“Dengan ikut pramuka hingga ke peserta Jamnas, jangan disia-siakan kesempatan. Kalau mampu melakukan itu merupakan jalan sukses,” ujar Maurits.

“Dan yang utama adalah berdoa, tiap pagi, mau tidur dan setiap kegiatan bawa dalam doa. Yakin seyakin-yakinnya akan bawa pulang keberhasilan dan kebanggaan bahwa Bitung Gudang PRamuka di Indonesia dan akan mensuport recana kota Bitung membuat kampung dan lapangan pramuka atau bumi perkemahan seperti di daerah lain,” kata dia.

Bumi Perkemahan di Kota Bitung, terus digenjot penyelesaiannya oleh Pemerintah Kota Bitung agar nantinya representatif untuk menggodok manusia sukses dari kota BItung membawa nama harum bangsa, termasuk kota Bitung.

Maurits Mantiri ternyata pernah menjadi peserta Jamnas Cibubur. Hal itu dia ungkapkan saat melepas Kontingen Bitung untuk Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI di Cibubur Jakarta tahun 2022.

Wali Kota Maurits Mantiri juga mengungkapkan bahwa sosok Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bitung, Kakak Rita Mantiri Tangkudung, juga pernah menjadi peserta Jamnas di Cibubur dan Raimuna Nasional.

Tak hanya itu, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bitung Kakak Eugenia Mantiri yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung serta Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pernah menjadi peserta Raimuna Nasional pertama di Bumi Perkemahan Sibolangit Kabupaten Deliserdang.

“Ada juga jajaran pejabat di lingkup Pemkot Bitung seperti mantan Asissten I bidang pemerintah dan kesra pak Julius Ondang, Kepala BKPSDM dan Plt asissten I Forsman Dandel pernah ikut Jamnas. Paling tidak sudah mengenal dan mengetahui apa yang dilakukan dilaksanakan disana, dengan satu kunci adalah disiplin mendengar komando dan perintah dari kakak-kakak Pembina,” kata Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Bitung itu.

Selain menyampaikan nostalgia atau kenangan, sebagai perserta Jamnas Maurits mengaku di eranya mengikuti Jamnas di tahun 1981 pernah menjadi juara semafor. (Hiski Darmayana)