Ketua DPR Minta Pemerintah Daerah Jujur Terkait Lonjakan Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Libur dan mudik  lebaran 2021 menjadi salah satu penyebab melonjaknya angka penularan  Covid 19. Untuk itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar jujur terkait data Covid-19 di daerahnya.

Menurutnya, data real atau penyampaian kondisi yang sebenarnya diperlukan untuk penanganan tepat apabila ada lonjakan kasus “Kepala daerah harus bisa secara terbuka menyampaikan laporan terkait kondisi wilayahnya, sejujur-jujurnya. Kalau daerahnya memang punya masalah terkait penanganan Covid-19 sebaiknya segera sampaikan,” kata Puan dalam video yang diterima saat kunjungannya ke Solo, Minggu (13/6/2021).

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan kepala daerah jangan pernah menyembunyikan data Covid-19. “Jangan kemudian menyembunyikan kondisi wilayahnya. Karena kalau sudah parah kemudian tidak bisa kita lakukan antisipasi dan mitigasi,” tegasnya.

Selain 3M, Puan meminta masyarakat mau segera divaksin, sebab itulah syarat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Jangan takut divaksin, Insya Allah dengan divaksin itu menambah kekebalan. Tapi bukan berarti kita nggak akan terpapar, karenanya tetap menjaga protokol kesehatan itu penting. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun, kalau nggak ada sabun pakai hand sanitizer,” ujarnya.

Puan berharap lonjakan kasus di Kudus tidak terjadi di daerah lain. “Sini di daerah Kudus dan sekitarnya terjadi lonjakan pasien. Saya harus sampaikan secara terbuka bahwa lonjakannya itu sudah hampir susah dikendalikan,” tandasnya.