Begini Cara Cek Ketersediaan Tempat Tidur Pasien Covid 19 di Rumah Sakit

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyediakan sistem informasi rawat inap (Siranap) bagi masyarakat. Melalui sistem ini, masyarakat bisa mengecek informasi terkait keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 maupun non Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sistem ini penting bagi masyarakat yang ingin mencari informasi tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

“Ini perlu untuk masyarakat tahu rumah sakit mana yang mungkin masih memiliki tempat perawatan,” katanya kepada merdeka.com, Kamis (24/6).

Dia menjelaskan, seluruh masyarakat di 34 provinsi di Indonesia bisa menggunakan Siranap untuk mengecek keterisian tempat tidur rumah sakit. Namun, diakuinya masih ada beberapa rumah sakit yang belum mengupdate tempat tidur pada sistem tersebut.

Berdasarkan pemantauan merdeka.com, Siranap pada situs http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/ menyajikan dua opsi. Opsi pertama untuk mengecek keterisian tempat tidur pasien Covid-19. Sementara opsi kedua untuk mengetahui keterisian tempat tidur pasien non-Covid-19.

Berdasarkan pemantauan, Siranap pada situs http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/ menyajikan dua opsi. Opsi pertama untuk mengecek keterisian tempat tidur pasien Covid-19. Sementara opsi kedua untuk mengetahui keterisian tempat tidur pasien non-Covid-19.

Untuk menggunakan laman Siranap, masyarakat bisa melakukan beberapa langkah:

1. Klik opsi pertama untuk mengecek tempat tidur pasien Covid-19. Atau klik opsi kedua untuk mengecek tempat tidur pasien non-Covid-19. Kemudian pilih provinsi, kota, lalu klik tombol cari.

2. Setelah muncul daftar rumah sakit, pilih sesuai lokasi yang diinginkan.

3. Akan muncul jumlah tempat tidur pada rumah sakit yang diinginkan. Pada laman tersebut, terlihat jumlah tempat tidur kosong dan tersedia.

Di laman yang sama, tercantum alamat, nomor telepon, serta lokasi rumah sakit yang ditampilkan menggunakan Google Maps.