Menkes, Kapolri dan Panglima TNI bersama Forkopimda Kota Bekasi saat meninjau pelaksanaan PPKM di Kelurahan Pejuang Bekasi. (humas)

Menkes, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau PPKM di Kota Bekasi

BEKASI (IndependensI.com)- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal  Hadi Tjahjanto, Sabtu (25/6/2021) mendatangi Puskesmas Pejuang, Kecamatan Medanstaria Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kedatangan mereka guna melihat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkait merebaknya covid 19 di Kota Bekasi.

Peninjauan ke lokasi didampingi Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes  Aloysius Suprijadi dan Dandim 0507 Bekasi, Kolonel Arm Iwan Aprianto.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi  melaporkan, bahwa pada wilayah Kelurahan Pejuang telah mendapati satu wilayah RT 02 RW 025 untuk melakukan lockdown. Di lokasi itu juga dibuat Posko lockdown dengan inisiatif RT dan RW karena beberapa keluarga dinyatakan positif covid 19 dan isolasi di kediaman masing masing.

Dijelaskan, awal kejadian  karena adanya kunjungan sebuah arisan dan menghadiri undangan pernikahan. Dan usai melakukan tracing dan tracking, beberapa keluarga telah dinyatakan positif covid 19.  Akhirnya Puskesmas Pejuang melakukan  persuasif dan harus melakukan lockdown lokal.

Panglima TNI kepada Kepala Puskesmas Pejuang menyampaikan untuk mengadakan pelayanan umum berupa vaksinasi.  APD dan obat obatan agar segera didistribusikan bagi  warga yang  isolasi mandiri di kediaman masing masing.

Kapolri juga menyampaikan kepad tiga  pilar Kota Bekasi untuk terus kolaborasi dan saling koordinasi dalam penyampaian sosialisasi pencegahan Covid 19 di Kota Bekasi.

Diminta agar saling bahu membahu dalam penegasan penanganan Covid 19, memerintahkan Camat dan Lurah sebagai kepala wilayah sering berinteraksi dengan warga hingga bisa memetakan warga yang sedang mengalami sakit.

Wali Kota Rahmat juga menceritakan bahwa di Kota Bekasi  telah berjalan vaksinasi  kepada  12.000  orang. Disampaikan juga  akan dilakukan vaksinasi  25.000  tanggal 1 Juli 2021 di Stadion Patriot Candrabhaga. (jonder sihotang)