Kejagung Salurkan 18 Ekor Sapi untuk Qurban Hari Raya Idul Adha 1442 H

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejaksaan Agung menyalurkan sebanyak 18 ekor sapi untuk dipotong sebagai hewan Qurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Jaksa Agung Burhanuddin mengharapkan daging hewan Qurban tersebut nantinya dapat memberikan manfaat bagi para pegawai dan masyarakat yang akan  menerimanya.

“Selain sebagai bentuk kepedulian sosial serta wujud rasa solidaritas di tengah pandemi Covid 19,” kata Jaksa Agung melalui Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Selasa (20/7).

Leo demikian biasa disapa mengatakan dari 18 ekor sapi yang disalurkan Kejaksaan Agung untuk Qurban Hari Raya Idul Adha sebanyak 10 ekor sapi berasal dari Jaksa Agung.

Sisanya, tutur dia, sebanyak delapan ekor sapi masing-masing berasal satu ekor dari Jaksa Agung Muda Pembinaan (JAM Bin) Bambang Sugeng Rukmono, JAM Intelijen Sunarta dan JAM Pidum Fadil Zumhana.

Selain itu dari JAM Pidsus Ali Mukartono, JAM Datun Feri Wibisono, Kepala Biro Kepegawaian Katarina Endang Sarwestri, Direktur Pemulihan dan Perlindungan Hak (PPH) pada JAM Datun dan Kepala Biro Umum Heri Jerman.

Sedangkan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi, Kepala Badan Diklat Kejaksaan Tony T Spontana dan JAM Pidmil Laksamana Muda TNI Anwar Saadi memberi hewan kurban kepada salah satu pondok pesantren di kampung halamannya masing-masing.

Dikatakan Leo dari 18 ekor sapi hewan Qurban tersebut sebanyak 12 ekor sapi akan dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung Jakarta Timur, tiga ekor sapi di RPH Bekasi Jawa Barat, satu ekor sapi di RPH Joglo dan dua ekor sapi di RPH Cikeas Jawa Barat.

“Pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada Rabu 21 Juli 2021 didampingi dan diawasi dari Pengurus Masjid Kejagung sebanyak sepuluh orang,” katanya.

Dia menyebutkan Jaksa Agung memberikan satu ekor sapi khusus kepada Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka) melalui Ketua Forwaka Zamzam Siregar unjtuk dipotong dan dibagi-bagikan kepada anggota Forwaka.

Sementara sebanyak 1.500 kantong daging kurban akan dibawa ke Kejagung untuk diberikan kepada pegawai golongan IIIb ke bawah dan honorer pramubhakti yang diambil melalui perwakilan masing-masing unit kerja. 

“Pengambilan bertempat  di Halaman Masjid Baitul Adli pada Rabu 21 Juli 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan menggunakan masker,” tuturnya.

Dikatakan juga Leo daging kurban yang telah dipotong-potong dan dimasukkan ke kantong plastik  akan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan sentra yang ditetapkan oleh panitia qurban.(muj)