Ilustrasi. (Dok/Ist)

Piala Davis: Justin Barki  Samakan Kedudukan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Petenis muda Indonesia, Justin Barki berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada laga ajang bergengsi Piala Davis Grup Dunia II di Barbados, Jumat (17/9/2021) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Justin menang 6-2, 6-4 atas petenis tuan rumah Kaipo Marshall di lapangan outdoor hardcourt National Tennis Centre Barbados. Sebelumnya, pada laga awal petenis putra Indonesia lainnya, Gunawan Trismuwantara harus kandas di tangan petenis terbaik tuan rumah, Darian King 1-6, 1-6

Dikutip dari situs resmi Daviscup.com, Justin bermain lebih baik dari Gunawan. Kendati lawan unggul lebih dulu 0-1, Justin bangkit menyamakan kedudukan dan mematahkan servis pada gim berikut untuk mengamankan skor 2-1. Justin melaju terus hingga unggul 5-1 sebelum Marshall mencuri game point menjadi 5-2.kendati demikian, Justin menyudahi set pertama dengan 6-2.

Pada set kedua, permainan semakin cepat. Kedua petenis saling mengejar angka sejak gim awal. Setelah Justin berhasil menuai skor imbang 3-3, dia berhasil mematahkan servis Marshall untuk unggul 4-3. Berikutnya, petenis yang lama bermukim di Amerika Serikat ini mulai menemukan pola permainan terbaik untuk menuai game point untuk skor 5-4. Marshall mencoba berikan perlawanan di penghujung gim tryapi Justin meraih set point sekaligus menutup pertandingan dengan skor akhir  6-4.

Sementara itu di laga awal antara Darian King melawan Gunawan, petenisntuan rumah itu bermain maksimal dengan unggul lebih dulu 2-0. Berikutnya, Gunawan berhasil mengambil kesempatan untuk meraih game point untuk mengejar ketertinggalan menjadi 1-2. Namun sayang, konsistensi Gunawan tak bertahan hingga harus terdikte permainannya oleh King. Selanjutnya, King unggul lebih cepat melalui pukulan bertenaga tanpa berikan Gunawan kesempatan untuk memberikan perlawanan. Skor unggul 6-1 untuk King.

Di set kedua, King masih dominan. Tetapi Gunawan mencoba membaca permainan lawan hingga berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Namun demikian, kembali Gunawan tak mampu bertahan dan kerap mengalami kesulitan untuk keluar dari tekanan permainan lawan. King berturut-turut mengambil poin dan sempat dua kali mematahkan servis Gunawan. Hingga akhirnya petenis tuan rumah itu meninggalkan Gunawan sampai pertandingan berakhir dengan skor 6-1.

Sehari sebelumnya playing captain Indonesia, Febi Widhiyanto masih percaya diri para asuhannya bisa berikan permainan terbaik. “Semua petenis sudah siap tanding, baik Gugun maupun Justin sangat bersemangat untuk memberi yang terbaik bagi tim Merah Putih,” ucap Febi. “Target kami bisa memetik hasil imbang di hari pertama,” imbuhnya. Febi pun direncanakan akan turun berlaga di sektor ganda bersama Justin Barki melawan duet tuan rumah Darian King/Haydn Lewis pada Sabtu (18/9/2021).