Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi didampingi pejabat terkait saat menghadiri rapat kerja APEKSI di Yogjakarta. (humas)

Wali Kota Bekasi Hadiri Raker APEKSI Bahas Smart Cirty

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Wali Kota Bekasi  Rahmat Effendi, menghadiri pertemuan  pada rapat kerja  Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), di Yogjakarta, Rabu (13/10/2021). Ia didampingi pejabat terkait dari lingkungan Pemkot Bekasi, diantaranya Asisten I bidang  Pemerintahan Yudianto, Asisten II bidang  Ekonomi Pembangunan Sudarsono, Kepala Disdukcasip Taufik Rahman, Kepala Diskominfo Hudy Wijayanto, Kepala Bagian Kerjasama Kustantinah, dan Kepala Bagian Humas Sajekti Rubiyah.

Rapat kerja wali kota se-Indonesia yang berkumpul di Yogyakarta dalam event Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021, merupakan  satu rangkaian dengan kegiatan  APEKSI 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar smart city, ujar Kabag Humas Sayekti Rubiah.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto yang juga sebagai Wali Kota Bogor mengatakan, kota pintar (smart city) merupakan kota yang mampu menggunakan sumber daya manusia, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi.

Smart city adalah sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien. Tujuan utama dari pembangunan sebuah (smart city) adalah bagaimana kita melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi ,dan membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antar-sistem dan terpadu untuk semua lapisan masyarakat dan antar-lembaga pemerintahan,” katanya.

Pada Raker yang mengusung tema “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi”  dihadiri 50 wali kota se-Indonesia.

Hadiri sejumlah tokoh di antaranya Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri  Muhammad Tito Karnavian,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Komunikasi dan Informasi RI Johnny Gerard Plate dan sejumlah pejabat lainnya.
Sebagaimana diketahui, di Kota Bekasi, sudaj sejak beberapa tahun lalu dibawah pimpinan Wali Kota Rahmat Effendi, menerapkan smart city.  Diantara yang dilakukan, memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan, memudahkan proses pengurusan perijinan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. (adv/humas/jon)