Jaksa Agung Evaluasi Kinerja Kasatker yang Buruk Serap Anggaran

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung Burhanuddin menegaskan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja kepala satuan kerja di lingkungan kejaksaan yang buruk dalam penyerapan anggaran.

“Saya pastikan kinerja buruk saudara akan menjadi bahan evaluasi saya,” kata Jaksa Agung dalam pengarahannya saat melakukan kunjungan kerja di wilayah Kejaksaan Tinggi Bali belum lama ini.

Oleh karena itu dia memperingatkan kepada para kepala satker yang berkinerja buruk dalam penyerapan anggaran untuk segera bergerak cepat meningkatkan kinerjanya.

Selain itu dia meminta kepada seluruh satuan kerja untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran dengan penggunaan yang tepat sasaran dan dapat dipertanggung-jawabkan.

“Karena akan berdampak pada jumlah alokasi anggaran tahun berikutnya,” kata Jaksa Agung seperti disampaikan Kapuspenkum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Jumat (5/11).

Jaksa Agung pun kembali mengingatkan kepada para kepala satuan kerja untuk
meningkatkan pengawasan melekat, dan memberikan keteladanan kepada seluruh jajaran.

“Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sederhana,” kata dia seraya mencontohkan dalam setiap perjalanan dinasnya, dia tidak ingin kedatangannya membebani daerah yang dikunjungi.

“Sehingga memaksakan diri untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan mempertaruhkan integritas dan mengarah pada perbuatan tercela,” ucap mantan Kajati Sulawesi Selatan ini.

Oleh karena itu dia kembali menegaskan diktum kedelapan Instruksi Jaksa Agung Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Sederhana agar memberikan pelayanan sewajarnya dan tidak berlebihan kepada pejabat di lingkungan Kejaksaan yang berkunjung ke daerah. “Baik dalam tugas rutin maupun tugas khusus lainnya.”(muj)