Pemkab Bekasi Jawa Barat siapkan perahu karet guna penanggulangan banjir. (humas)

Antisipasi Korban Banjir, Pemkab Bekasi Siagakan Posko

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Guna mengantisipasi dan penanggulangan bencana terutama banjir yang saat ini mulai musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kini  menyiagakan puluhan personil dan peralatan.

Kesiapan ini sebagai antisipasi terjadinya bencana banjir yabg sudah terjadi di beberapa wilayah kecamatan, seperti terjadi kemarin di Kecamatan Tarumajaya.

“Saat ini kita siagakan 70 personil, 50 perahu karet, 12 unit mesin tempel, karung, bambu, beronjong, serta bahan makanan seperti mie instant dan air minum,” ungkap Kaepala Bidang  Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said Nur, Jumat (21/1/22).

Pihaknya katanya, sudah memasang tenda evakuasi dan menyiagakan perahu karet pada titik-titik yang rawan banjir di Kabupaten Bekasi. Dan jika terjadi  banjir maka perahu karet sudah siaga dan siap dipakai oleh petugas BPBD, Destana, relawan maupun masyarakat untuk keperluan evakuasi.

Bahkan, saat ibi Posko sudah dirikan di sekitar tanggul Sungai Citarum yang kritis, dan rawan banjir, sebagaimana seperti di Kecamatan Cabangbungin dengan personel yang siaga selama 24 jam di titik tersebut,” katanya.

Dampak hujan yang dua minggu ini sering turun, beberapa wilayah di Bekasi bagian utara, sudah sering terjadi banjir dan genangan air, dan membuat masyarakat sulit beraktifitas. (jonder sihotang)