Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau lahan pembangunan SPAM Regional Jatiluhur di Kota Bekasi. (ist)

Wagub Jawa Barat Tinjau Lahan Pembangunan SPAM di Kota Bekasi

Loading

 

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah akan membangun Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Pantura. Diantaranya, SPAM regional Jatiluhur I, guna keterjaminan pasokan air bersih ke Bekasi dan Jakarta sekitarnya.

Terkait hal itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, mengunjungi lokasi pembebasan lahan pembangunan SPAM Jatiluhur I yang berada di wilayah Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (8/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Uu menyampaikan  sengaja ke Kota Bekasi  untuk melihat langsung lokasi lahan proyek SPAM tersebut.
Sebab, dalam pembangunan tersebut akan ada pembebasan lahan.

Disebutkan, ada ketidaksamaan  komunikasi antara pemilik tanah dengan perwakilan  Pemerintah terkait harga tanah. Maka, hal itu harus dipastikan, sebab pembangunan SPAM oleh  pemerintah guna memenuhi kebutuhan air masyarakat.

“Terjadi  perbedaan harga tanah antara wilayah yang satu dan wilayah lainnya. Maka, oleh pemerintah hal ini krusial dan harus ada jalan keluarnya karena  dianggap tidak adil oleh warga,” Uu menambahkan.

Terkaut pembebasan tanah, pihaknya akan berpegang kepada payung hukum yang ada karena hal tersebut sangat normatif. Warga menginginkan adanya unsur keadilan dari P
Pemerintah, karena mereka menilai yang satu harganya tinggi yang satu lagi rendah.

Uu menegaskan, akan melakukan penjadwalan ulang kunjungannya tersebut untuk membangun komunikasi antara warga, Kementerian PUPR dan pemerintah terkait lainnya.

Ia berharap agar adankebijaksanaan dan keadilan berdasarkan payung hukum yang berlaku, agar tidak terjadi kegaduhan dan masyarakat tidak dirugikan. Maka, harus ada win win solution antara masyarakat dan Pemerintah, tegas Uu. (jonder sihotang)