Sejumlah peserta Kolunas berbagi cerita di laman Bocah.org sambil menunggu hasil penjurian.

Kolunas 2022 Umumkan 100 Besar Karya Favorit

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Panitia Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022 mnegumumkan karya lukis yang masuk dalam 100 Besar Karya Favorit. Persaingan menuju tahap tersebut amat ketat karena tidak kurang 1.200 orang anak mengirimkan karyanya ke panitia. Sebagian di antaranya tidak sabar menunggu pengumuman.

“Cukup banyak peserta yang menghubungi panitia. Mereka menanyakan kapan pengumuman 100 Besar Karya Favorit,” kata Direktur Kolunas II Tahun 2022, Gunawan Julianto dalam surat elektronik yang diterima IndependensI.com, Sabtu (26/3/2022).

“Peserta umumnya menanyakan kapan pengumuman 100 Besar Karya Favorit. Di antara mereka ada pula yang menanyakan apakah lukisannya termasuk 100 Besar,” kata Gunawan di sela-sela proses pengiriman pengumuman 100 Besar Karya Favorit tersebut kepada para peserta Kolunas II.

Menurut Gunawan, tak jauh berbeda dengan Kolunas I yang berlangsung pada tahun 2020 lalu, peserta Kolunas tahun ini ada saja yang aktif menanyakan tahap-tahap Kontes.

“Padahal penjelasan mengenai proses dan tahap Kontes Lukis Anak Nasional, sudah tercantum di laman Bocah.org. Tapi sepertinya peserta mungkin merasa lebih mantap lagi kalau menghubungi Panitia,” ujar Gunawan sambil tertawa.

Ia berharap pengumuman yang dikirimkan Panitia via surat elektronik (Surel) atau email, dapat menjawab rasa penasaran mereka.

“Mulai hari ini sampai dua hari ke depan, jadi mulai Kamis 24 Maret, sampai dengan Sabtu 26 Maret 2022, kami mengirimkan email pemberitahuan ke setiap peserta. Kami mengirimkan email kepada peserta yang karyanya masuk dan yang tidak masuk 100 Besar Karya Favorit,” kata Gunawan.

Gunawan menekankan bahwa pengumuman dari Panitia hanya lewat surel atau email masing-masing.

“Tidak melalui WA (WhatsApp),” ujarnya mengingatkan.

Butuh Waktu Dua Hari

Gunawan menjelaskan bahwa Pengumuman 100 Besar Karya Favorit membutuhkan waktu selama dua hari karena sejumlah alasan.

Pertama, proses pemilihan 100 Besar Karya Favorit sangat rumit, karena semua karya sangat bagus. “Sehingga panitia membutuhkan waktu lama dan harus teliti,” ujar Gunawan.

Kedua, adanya keterbatasan pengiriman surel per harinya. “Bayangkan, panitia harus mengirim 1200 email ke peserta,” ujar Gunawan.

“Kami pun menggunakan 12 alamat email supaya lebih cepat dan tidak dianggap spam oleh Google,” lanjutnya.

Oleh karena itu, menurut Gunawan, peseta harus selalu menjenguk emailnya dalam dua hari ini. “Bisa jadi hari ini sudah masuk, bisa jadi baru besok, bisa jadi lusa. Selalu cek folder inbox, bin, dan spam,” pesan Gunawan.

Berbagi Cerita

Gunawan selanjutnya mengajak para peserta untuk menunggu pengumuman sembari berbagi cerita. Dia juga mengajak para peserta mengunjungi laman Bocah.org, untuk menikmati kisah dari para peserta yang telah lebih dulu mengirimkan cerita-ceritanya.

“Daripada deg-deg-an, yuk kunjungi Bocah.org,” ajak Gunawan kepada para peserta melalui pesan WA beberapa hari menjelang pengumuman 100 Besar Karya Favorit.

“Lihat karya hebat-hebat teman-teman,” ajaknya.

“Kamu bisa kenalan maupun kasih apresiasi di kolom komentar di bawahnya…,” lanjutnya.

“Selain dimuat di laman Bocah.org, karya mereka juga kami munculkan di Instagram, Facebook, dan Twitter,” ujar Gunawan.

“Kamu bisa bikin cerita seru juga lhooo!” ajak Gunawan lagi.

Ia mengundang para peserta untuk mengirimkan cerita berupa gambar, foto, tulisan, bahkan film kegiatan.

“Yuuk kirimkan gambar, foto, tulisan, film kegiatanmu. Apa saja. Kabari kami via email ke KontesLukis@gmail.com, yaa..,” ujarnya.

“Dituuuunnnggggguuuuu….!,” ajaknya lagi dengan nada semangat.

Tahap-tahap Kolunas II Tahun 2022

Seperti pada pertemuannya dengan media di waktu sebelumnya, Gunawan menyampaikan bahwa di Laman Bocah.org. peserta juga dapat mengikuti informasi tahap Kolunas selanjutnya.

“Informasi terkait Kontes Lukis Anak Nasional II ini juga dapat dijenguk di Instagram, Facebook, dan Twitter,” ujarnya.

Akun Instagram adalah@tlatahbocah, Facebook tlatahbocah, dan Twitter @tlatahbocah.

Ia juga menyampaikan bahwa Sponsor penyelenggaraan Kolunas ini adalah Kementerian BUMN dan  PT Taspen (Persero).

“Ayo, adik-adik, jangan lupa pantau Bocah.org. Di situ kalian juga bisa melihat-lihat karya peserta Kolunas Tahun 2020 lalu. Terus berkarya. Salam keberagaman,” ujar Gunawan.