Peserta Kolunas II dari TBM Dul Wahab School, Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur, sedang bersiap menggambar bersama, Minggu (20/2/2022) lalu.

Siswa dan Guru Antusias Ikuti Kolunas II

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022 resmi ditutup pada Minggu (6/3/2022) malam ini. Hingga hari ini, lebih dari 1.000 orang anak mengirmkan karya lukisnya ke panitia.

Direktur Kolunas 2022, Gunawan Julianto, menyampaikan bahwa tak jauh berbeda dengan Kolunas Tahun 2020 lalu, Kolunas tahun ini mendapat tanggapan sangat bagus dari para peserta.

“Peserta terus bertambah menjelang akhir penutupan,” ujar Gunawan dari kawasan Magelang, Jawa Tengah.

Menurutnya, antusiasme tidak hanya datang dari para peserta melainkan dari para guru.  “Para guru berupaya mendaftarkan murid-muridnya mengikuti Kolunas II secara kolektif,” ujar Gunawan.

“Padahal di masa pandemi, bagi beberapa guru sulit untuk mengumpulkan karya anak. Pasalnya, selama periode Kontes Lukis, ada pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas,” ujarnya.

 

Perpanjangan Waktu Pendaftaran

Terkait problen guru dalam pengumpulan karya anak, Gunawan menyinggung soal kebijakan Panitia memberikan perpanjangan waktu pendaftaran.

“Rapat Panitia Kontes Lukis Anak Nasional II semalam memutuskan perpanjangan penerimaan karya,” kata Gunawan pada Senin (28/2/2022) lalu.

Ia mengatakan kepada media, bahwa perpanjangan Kolunas berlaku dari hari Senin, 28 Februari 2022, pukul 24.00 WIB sampai dengan hari Minggu, 6 Maret 2022 pukul 23.59 WIB.

“Penutupan berubah dari rencana awal penutupan yang seharusnya malam ini, menjadi  pada hari Minggu, 6 Maret 2022 pukul 23.59 WIB mendatang,” ujar Gunawan.

Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan yang mendasari perpanjangan waktu pendaftaran Kolunas II ini. “Perpanjangan mempertimbangkan kesulitan pengumpulan karya peserta karena dua hal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dua hal tersebut, pertama, banyaknya sekolah dan organisasi yang ingin menjadi peserta kolektif mendapatkan tantangan tersendiri. Pasalnya, pembelajaran tatap muka (luring) sejak seminggu sebelumnya telah diubah lagi menjadi secara daring.

“Karena mulai minggu lalu pembelajaran diubah lagi menjadi pembelajaran secara daring,” ujarnya.

Kedua, adanya dua hari libur nasional dan tiga perayaan agama dalam minggu yang sama. “Ada libur Isra Miraj, Rabu Abu, dan Nyepi,” ujar Gunawan.

 

Informasi Tahap Kolunas II

Gunawan menyampaikan bahwa setelah tahap pendaftaran dan pengiriman karya, peserta dapat mengikuti informasi tahap selanjutnya di Laman bocah.org. “Informasi terkait Kontes Lukis Anak Nasional II ini juga dapat dijenguk di Instagram, Facebook dan Twitter,” ujar Gunawan.

Akun Instagram adalah @tlatahbocah, Facebook tlatahbocah, dan Twitter @tlatahbocah.

Ia juga menyampaikan bahwa Sponsor penyelenggaraan Kolunas ini adalah Kementerian BUMN dan  PT Taspen (Persero).

“Sponsor yang menyediakan hadiah total senilai Rp 30 juta. Hadiah tersebut untuk para peserta yang karyanya menjadi pilihan dewan juri,” ujar Gunawan.

“Ayo, adik-adik, jangan lupa pantau bocah.org. Di situ kalian juga bisa melihat-lihat karya peserta Kolunas Tahun 2020 lalu,” pungkas Gunawan.