Personil Pam Lembaran Kota Bekasi. (humas)

Amankan Jalur Mudik,  Pemkot Bekasi Terjunkan 260 Personil Gabungan

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna mengamankan arus lalu lintas di jalur mudik,
Pemerintah Kota Bekasi menerjunkan 260 personil. Personil Dinas Perhubungan, Satpol PP dibantu TNI dan Polri, juga akan  mengamankan arus balik Lebaran Idul Fitri 2022 M/1443 H.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar mengatakan,  pihaknya terus berkoordinasi dengan Satlantas Polres Metro Bekasi Kota dalam kesiapan arus mudik tahun ini. Diprediksi pada arus mudik tahun ini,  masyarakat yang akan mudik akan meningkat  mengingat  mudik dua tahun terakhir ini tidak diperbolehkan pemerintah.

Dalam pengendalian transportasi,  ada  empat aspek pengendalian dalam menunjang kelancaran arus mudik yakni aspek lalu lintas, sarana prasarana termasuk pengujian KIR kendaraan, aspek personil pengendalian operasi, dan kesiapan angkutan keberangkatan yang difokuskan pada terminal Induk Kota Bekasi.

Di Kota Bekasi, terdapat delapan pos pengamanan untuk menunjang kelancaran pemudik dan  dipusatkan di pos Exit Tol Bekasi Barat. Adapun  titik simpang kritis untuk diantisipasi karena perubahan jalur lalu lintas adalah di Jalan Hasibuan dimana  terdapat proyek strategis nasional pembangunan  Tol Becakayu sehingga pengguna jalan tidak bisa mengarah lurus menuju jalan Hasibuan menuju arah Tambun, melainkan melalui Rawapanjang dan atau Jalan Juanda

 

Untuk mempermudah pemudik, Dinas Perhubungan sudah memasang rambu petunjuk  arah Pantura,  ditambah penempatan personil untuk mengarahkan para pemudik.

Diprediksi, pemudik akan meningkat mulai masuk cuti lebaran pada Kamis tanggal 28 April 2022 hingga lebaran pada siang hingga malam harinya.

Pemerintah memperbolehkan mudik bagi warga masyarakat dengan catatan sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap dan ketiga atau booster berlaku  mulai 2 April 2022. Hal ini berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Dishub Kota Bekasi ,  siaga 24 jam dengan mengerahkan  260 personil Petugas Pengatur Lalu Lintas yang terbagi dalam tiga shift tiap harinya. Pelaksanaan pengaturan dan pengamanan lalu lintas dimulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri, serta menempatkan prasarana pendukung fasilitas lalu lintas di beberapa ruas jalan lintasan mudik seperti rambu petunjuk arus mudik dan arus balik, Traffic Cone, Water Barier, dan lainnya.

Adapun pos pengamanan mudik lebaran 2022 yang tersebar di Kota Bekasi, diantaranya berada di:

1. Pos Pam Harapan Indah
2. Pos Pam Stasiun Kranji
3. Pos Pelayanan Stasiun Bekasi (Bulan-bulan)
4. Pos Pelayanan Terminal Induk
5. Pos Pam Tongyang (Tol Bekasi Timur)
6 Pos Pelayanan Giant (Tol Bekasi Barat)
7. Pos Pam Sumber Arta
8. Pos Pam Mall Ciputra (Jatisampurna)

Selain itu kesiapan angkutan mudik lebaran tahun ini Dinas Perhubungan Kota Bekasi  memastikan kelaikan jalan sarana angkutan umum (AKAP dan AKDP) dengan melakukan ramp check di titik pemberangkatan (Terminal dan Pool, termasuk pemeriksaan kesehatan awak pengemudi, dan pengawasan harga tiket bus angkutan lebaran di Kota Bekasi.  (jonder sihotang)