Serahkan Hewan Kurban, Jaksa Agung: Idul Adha Momentum Asah Keikhlasan-Kepedulian Sosial

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung Burhanuddin mengatakan Idul Adha merupakan momentum yang tepat untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan.

“Karena itu penyembelihan hewan kurban disamping sebagai ritual ibadah, juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan yang mampu dan kurang mampu,”kata Jaksa Agung saat menyerahkan hewan kurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (7/7).

Dia menyebutkan uga penyerahan hewan kurban sebagai salah satu upaya menghilangkan jurang pemisah si kaya dan si miskin. “Sehingga pada akhirnya kedua golongan akan hidup berdampingan, saling tolong menolong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penuh kedamaian dan nuansa persaudaraan yang tinggi,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, merupakan suatu wujud kepedulian dan perhatian terhadap sesama manusia, sehingga terwujudnya kebahagiaan bersama khususnya bagi umat Islam.Jaksa Agung sebelumnya menyampaikan momen perayaan Idul Adha merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT yang mampu menerjemahkan pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan manusia menuju kesempurnaan.

“Sebuah peristiwa keteladanan Nabi Ibrahim Khalilullah sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Nabi Ibrahim pada perintah Sang Pencipta,” ucapnya.

Dikatakannya atas dasar keteladanan Nabi Ibrahim tersebut dapat diambil tiga makna penting peringatan Idul Adha. “Pertama makna ketakwaan manusia, yaitu ketaatan manusia dalam menjalankan perintah SangPencipta,”

“Kedua makna sosial, umat Islam agar mengedepankan sikap empati atas sesama, dan Ketiga, makna kesejahteraan, yaitu berkurban dapat berbagi kepada yang membutuhkan,” ucap mantan Kajati Sulawesi Selatan ini.

Acara penyerahan hewan kurban tersebut dihadiri Wakil Jaksa Agung Sunarta, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan dan beberapa Pejabat Eselon II.

Adapun penerimaan hewan kurban Dewan Kemakmuran Masjid Baitul Adli Kejaksaan Agung sebanyak 30 ekor sapi dan satu ekor kambing. Terdiri dari:
1. Jaksa Agung sebanyak 21 ekor sapi.
2. Wakil Jaksa Agung sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
3. Jaksa Agung Muda Pembinaan sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
4. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
5. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
6. Jaksa Agung Muda Pengawasan sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
7. Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebanyak 2 (dua) ekor sapi;
8. Kepala Biro Umum Kejaksaan Agung sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
9. Project Manager Proyek Rancang Bangun Gedung Utama Kejaksaan Agung PT. PP (Persero) Tbk. sebanyak 1 (satu) ekor sapi;
10. Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sebanyak 1 (satu) ekor kambing.(muj)