Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah. (ist)

Daya Tampung Sekolah Negeri Terbatas, Siswa tak  Mampu Masuk Swasta Dibantu

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Bagi siswa-siswi yang orangtuanya tidak mampu, dan gagal masuk sekolah  negeri di Kota Bekasi,  dijamin dapat bersekolah di sekolah-sekolah swasta.  Pemerintah Kota Bekasi akan menanggung biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi siswa-siswi yang tak lolos penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah negeri pada tahun ini, ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah, Selasa (12/7/2022).

“Bagi masyarakat yang tidak diterima di sekolah negeri supaya mendaftar ke sekolah swasta. Pendidikan dapat dirasakan bagi semua kalangan, bisa pada sekolah negeri maupun swasta, peningkatan mutu terus dilakukan dengan baik. Kami harapkan kepada masyarakat yang putra-putrinya tidak diterima di sekolah negeri bisa mendaftar ke sekolah swasta,” ucap Inayatullah

Disebutkan,  bantuan pendidikan ini diharapkan dapat menunjang perekonomian para orangtua untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya di sekolah swasta.

Dikatakan, banyaknya  calon siswa mendaftar untuk tingkat SMP Negeri. Jumlah pendaftar dengan jumlah daya tampung sekolah negeri tidak sebanding. Maka, sekolah swasta menjadi pilihan.

“Kapasitas daya tampung yang ada di SMP Negeri terbatas. Jumlah yang mendaftar sebanyak 20.430 orang, Sedangkan daya tampung hanya 13.824 orang. Sebanyak 13.163 orang lainnya sudah masuk tahap diterima,” papar Inayatullah

Karena itu, Pemerintah Kota Bekasi telah bekerjasama dan membuat  kesepakatan dengan pihak sekolah swasta. Gratis tidak di pungut biaya pembangunan/uang pangkal dan uang SPP (bayaran  bulanan)  di 165 sekolah swasta,” tambahnya. (jonder sihotang)