Direksi PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi bersama Komandan Kodim 0507 Bekasi tanam pohon dan sebar bibit ikan di Bendung Koja, Jatiasih Kota Bekasi. (jonder)

Lestarikan Lingkungan, PDAM dan Kodim Bekasi Tanam Pohon Produktif

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Kondisi lingkungan hidup yang semakin memperihatinkan, terutama air kali yang semakin kotor dan tercemar,  menjadi perhatian Direksi Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM)Tirta Bhagasasi Bekasi.

Kamis (28/7/2022), Direksi PDAM Tirta Bhagasasi  Bekasi dan jajarannya  bersama Kodim 0507/Bekasi,  serta Perum Jasa Tirta (PJT) II,  melakukan penanaman pohon di sekitar Bendung Koja Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Selain menanam seribuan pohon produktif seperti pohon sukun, belimbing, nangka dan lainnya, juga dilakukan penebaran ribuan bibit ikan nila di Bendung Koja.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim didampingi Direkrut Teknik Johny  Dewanto dan Direktur Usaha Maman Sudarman, bersama Komandan Kodim 0507 Bekasi, Letkol Kav. Luluk Setyanto dan jajarannya, terjun langsung  turut menanam pohon dengan melibatkan anggota polri dan masyarakat setempat.

Kegiatan ini ujar Usep, untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan, dan bagian dari rangkaian kegiatan  Hari Jadi ke-41 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang akan diperingati tanggal 29 September 2022.

Sekitar  250 bibit pohon yang ditanam di sekeliling Bendung Koja, dan 750 lainnya di tanam di masing-masing lima wilayah Koramil se Kota Bekasi.

“Kita sengaja pilih pohon produktif seperti  nangka, sirsak, manggis, sukun, dan cempedak agar bisa dinikmati warga sekitar saat berbuah nanti. Demikian juga bibit ikan yang ditebar nanti  bisa ikut tumbuh dan kelak dimanfaatkan warga sekitar,” kata Usep.

Dandim 0507/Bekasi Letkol Kav Luluk Setyanto pada kesempatan itu  mengatakan,  bahwa penanaman pohon dan penebaran ikan  seperti ini,  merupakan kegiatan sederhana,  namun sarat makna sekaligus pemeliharaan lingkuangan.

“Menanam pohon ibarat membangun kehidupan karena akan menghasilkan oksigen yang bisa dinikmati semua makhluk bahkan hingga generasi penerus nanti,” ucapnya.

Luluk mengimbau setiap masyarakat agar  membuang sampah pada tempat, dan jangan buang ke kali. Kita jaga lingkubgan untuk ciptakan air bersih. Budaya bersih harus  terus dibangun. Kita harus merawat lingkungan  untuk merawat kihudupan, tambahnya.

“Jaga alam dan alam akan menjaga kita.
Berikan kebaikan pada alam, dan alam akan memberikan kebaikan kepada kita,” ajak Komandan Kodim tersebut. (jonder sihotang)