Latgabma Super Garuda Shield tahun 2022 di Dabo Singkep

TNI AL dan US MEU Laksanakan Ratsus di Latgabma Super Garuda Shield 2022

JAKARTA (Independensi.com) – Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield tahun 2022 antara militer Amerika dan Indonesia memasuki tahap Pra Serbuan Amfibi yaitu Pendaratan Khusus. Sejumlah latihan digelar di perairan Kepulauan Riau, diantaranya operasi laut gabungan bersama 3 negara, yang terdiri dari Indonesia, Amerika dan Singapura. Operasi pendaratan khusus diluncurkan dari USS Green Bay dan pergeseran personel serta material US Amphibious Reconnaissance Platoon atau pleton Taifib Amerika bersama Yon Taifib Marinir menggunakan Landing Craft Air Cusion USS Green Bay, yang dilanjutkan infiltrasi menggunakan perahu karet dan menurunkan pasukan untuk melaksanakan renang rintis (Scout Swimmer). Rabu (3/8).

Unsur-unsur udara juga melaksanakan berbagai latihan guna mendukung latgabma Super garuda Shield. 2 Helly jenis HS 1310 dan HS 1311 yang on board di KRI Makasar – 590 melaksanakan Photoex serta berbagai serial latihan lainnya.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang on board di kapal Markas, memastikan kesiapan berbagai elemen menuju latihan puncak Super Garuda Shield 2022 yang ditandai dengan pendaratan amfibi di pantai Todak, Dabo Singkep Kabupaten Lingga Kepulau Riau.

Latgabma ini merupakan kegiatan dalam meningkatkan profesionalisme prajurit, Kasal menegaskan bahwa keringat yang tercurah di medan latihan, adalah penebus darah di medan pertempuran. Latihan Gabungan Bersama ini  KSAL Laksamana TNI Yudo Margono juga menegaskan kegiatan ini untuk memperkuat diplomasi TNI AL dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama internasional baik secara bilateral maupun multilateral, guna menciptakan kestabilan keamanan kawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.