Grandmaster Utut Adianto (kanan). (Istimewa)

Utut Terpilih Aklamasi Presiden FIDE

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kabar membahagiakan datang dari Kongres Federasi Catur Internasional (FIDE) yang saat ini sedang berlangsung di Chennai, India. Ketua Umum PB PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Grandmaster Utut Adianto terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia, Jumat (5/8/2022).

Zona 3.3 Asia terdiri dari 17 negara/perwakilan anggota Federasi Catur Internasional (FIDE) yaitu negara ASEAN (Brunai Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam) ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan.

Pemilihan tersebut diadakan pada Kongres FIDE 2022 yang berlangsung di Hotel Leela Palace, Chennai, India sejak tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 8 Agustus 2022. Puncak agenda Kongres FIDE adalah Pemilihan Presiden FIDE untuk periode 2022-2026 yang akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2022.

Dalam kesempatan tersebut, GM Utut Adianto sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia terpilih menyampaikan, dirinya berharap dapat menyatukan Masyarakat Catur di Kawasan ASEAN dan Timur Jauh. “Saya berharap prestasi catur di zona ini (zona 3.3 Asia) kedepannya juga akan semakin baik, karena kita banyak memiliki pecatur berkualitas ,” ujarnya.

Sebagai informasi, FIDE membagi 185 negara anggotanya ke dalam beberapa Zona. Untuk kawasan Asia, Oceania hingga Australia yang terdiri dari 52 negara, dibagi ke dalam Zona 3.1 sampai Zona 3.7. Demikian juga untuk kawasan Eropa, Amerika, Amerika Latin, Rusia hingga Afrika dibagi ke dalam beberapa zona yang berbeda.