Para pecatur yanvbbakal tampil di.Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India. Ajang ini berlangsung 26 Juli hingga 10 Agustus 2022. (Istimewa)

Pecatur Indonesia Ikuti Olimpiade Catur 2022

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) melepas sembilan pecatur untuk berlaga di Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India. Ajang bergengsi edisi ke-44 ini digelar pada 26 Juli hingga 10 Agustus 2022.

Adapun para pecatur Indonesia dari sektor putra yang bakal berlaga di Chennai adalah;  GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, FM Muhamad Agus Kurniawan, IM Mohamad Ervan dan IM Yoseph Theolifus Taher. Sedangkan di kelompok putri diwakili WGM Irine Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, Fariha Mariroh dan WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra.

Pelepasan atlet yang dilakukan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto tersebut, dihadiri oleh segenap jajaran pengurus PB PERCASI. Dalam kesempatan itu Utut berharap para atlet dapat memperbaiki peringkat  timnas catur Indonesia, baik di kelompok putra maupun putri. “Bermainlah dengan sepenuh jiwa raga, karena kalian membawa nama Indonesia. Kami bangga bila kalian dapat memperbaiki peringkat,” ujar Utut dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/2022).

Saat ini, perJuli 2022, tim catur putra Indonesia berada di peringkat ke-57 dari 155 negara anggota FIDE (Federation Internationale des Echecs) atau Federasi Catur Dunia. Untuk tim putri berada di urutan ke-32 Dari 111  negara. Perlu diketahui, peringkat bagi tiap tim/negara, didapatkan berdasarkan rata-rata ELO rating catur standar (yang diaminkan) dari 10 pemain aktif dengan rating tertinggi di tiap kelompok (putra/putri)

Kesembilan atlet yang akan berlaga tersebut didampingi manajer tim Kristianus Liem, kapten tim putra Rudijanto Majela, kapten tim putri Lisa Lumondong serta dua orang pelatih yaitu Ruslan Shcerbakov dan Andrei Kovalev, serta satu orang pendamping Sean Winshand Cuhendi. Sehingga keseluruhan kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Chennai kali ini ada 15 orang.

Sebagai tuan rumah Olimpiade Catur 2022, India memang dikenal sebagai tempat lahirnya banyak pecatur andal. Satu di antaranya adalah juara dunia lima kali Viswanathan Anan. Bahkan saat ini India tercatat sebagai negara dengan pemain catur terbanyak, sehingga boleh dibilang, masa depan catur dunia terdapat di sana.

Selenggarakan Kongres

Bersamaan dengan berlangsungnya Olimpiade Catur setiap dua tahun sekali, Federasi Catur Internasional (FIDE) selalu menyelenggarakan kongres yang membahas berbagai hal terkait dengan olahraga catur. Kongres yang bertepatan dengan Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India, juga mengagendakan pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026.

GM Utut Adianto (Ist)

Utut sendiri lolos sebagai satu-satunya kandidat yang diterima FIDE untuk menjabat sebagai Presiden FIDE Zona 3.3. Zona imi.meliputi kawasan ASEAN (Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand Vietnam plus Timor Leste) dan Taiwan, Hong Kong, Jepang, Makau, Mongolia, serta Korea Selatan.

Adapun peresmiannya akan dilaksanakan di Kongres FIDE sesi Pemilihan Presiden Semua Zona, pada 5 Agustus 2022. Utut menyampaikan, kesempatan dan kepercayaan yang diberikan tersebut akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk memajukan catur di kawasan Zona 3.3.

Pemilihan Presiden FIDE periode 2022-2026 akan berlangsung pada 7 Agustus 2022 di sesi Rapat Majelis Umum seluruh anggota FIDE yang berjumlah 180 negara.