Acara pembukaan Metconnex 2022, Rabu (10/8).

Metconnex 2022 Angkat Tema Sustainability in Mineral and Metal Processing

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pasca dua tahun pandemi, Ikatan Alumni Teknik Metalurgi ITB Bandung (IA-MET ITB) kembali menyelenggarakan perhelatan metalurgi Metconnex di Jakarta Convetion Centre, Metconnex 2022 mengangkat tema “Sustainability in Mineral and Metal Processing”.

“Semoga dengan adanya Metconnex kali ini bisa menjadi wadah dan dukungan untuk memperkuat pertambangan di Indonesia demi industri nasional yang lebih baik dan bertanggung jawab. Demi terciptanya generasi industri yang sadar akan keberlanjutan di masa mendatang,” kata Bouman T. Situmorang selaku, dalam sambutan di acara pembukaan Metconnex 2022, Rabu (10/8).

Menurut Bouman, dalam beberapa dekade belakangan, sektor pertambangan dan ekstraksi mineral telah menjadi sektor kunci yang memiliki kontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan hadirnya para ahli, adanya pembukaan panel diskusi dan exhibition selama dua hari ini diharapkan akan banyak khasanah baru mengenai dunia pertambangan berkelanjutan yang bisa membukakan jalan bagi Indonesia untuk menuju industri tambang yang ramah baik bagi proses bisnis maupun bagi kelestarian lingkungan.

“Bersama Metconnex 2022, mari kita ciptakan sustainable mining berkesadaran bersama seluruh pihak,” paparnya.

Acara pembukaan Metconnex 2022 juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam kesempatan itu, Luhut menyampaikan visi dan target Pemerintah dalam mewujudkan industri mining and metal processing yang berkelanjutan.

Pengunjung sedang melihat bahan baku concenrate tembaga dari PT. Freeport saat acara Metconnex 2022 di JCC, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Digelar di tengah banyaknya Gerakan untuk mengadopsi industri yang sustainable, para peserta Metconnex 2022 yang hadir berasal dari berbagai elemen seperti petinggi perusahaan, pelaku industri, akademisi hingga calon investor yang berkecimpung pada industry mining and metal processing dari berbagai penjuru negeri maupun dari negara tetangga.

Hari pertama Metconnex 2022 dibagi menjadi tiga sesi utama. Yakni sesi seminar bersama keynote speaker mengenai update regulasi dan investasi dalam sustainability mining and metal processing. Update terkait regulasi dan kebijakan investasi dinilai sangat penting dalam memenuhi target pemerintah pada industri mining and metal processing, di tengah ketatnya persaingan global dalam menarik investasi dari luar negeri.

Kebijakan investasi dan regulasi yang disampaikan oleh perwakilan pemerintah pada Metconnex 2022 dinilai mampu menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk mewujudkan industri mining and metal processing yang berkelanjutan.

Dua sesi diskusi panel dengan pembahasan mineral processing technology for continuous sustainability melengkapi gelaran hari pertama Metconnex 2022. Agenda diskusi terkait isu dunia pertambangan dalam perspektif keberlanjutan, baik dalam pemahaman mengenai ore body, digitalisasi maupun dari tahapan mineral processing dibahas dengan narasumber dan ahli di bidangnya. Narasumber datang dari berbagai instransi, baik dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, praktisi korporasi swasta hingga akademisi.