Abdy Yuhana : Tingginya Biodiversitas Tulang Punggung Perekonomian

Loading

JAKARTA (Independensi)- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Abdy Yuhana mengungkapkan Indonesia adalah bagsa yang kaya akan potensi nasional.

Bung Karno pernah berkata bahwa secara geopolitik Indonesia adalah negara lautan yang ditaburi pulau-pulau, yang posisinya diapit oleh dua benua dan dua samudera.

“Jika peta Indonesia ditumpangkan pada peta Amerika Serikat dan Eropa akan nampak jelas sifat kebahariannya,” tulis Abdi Yuhana dalam buku Rute Indonesia Raya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga menyatakan kesuburan tanah Indonesia juga berdampak pada kekayaan sumber daya alam. Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Bazil.

Tingginya biodiversitas Indonesia ditunjukan dengan keberadaan 10 persen tanaman yang terkenal didunia di Indonesia. Juga 12 persen mamalia, 16 persen hewan reptil, 17 persen dari burung, 18 persen terumbu karang, dan 25 persen hewan laut berada di Indonesia.

“Berdasarkan protokol Nayoga, potensi ini bisa menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan,” tulis Abdy. (Hiski Darmayana)