Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI mengajak remaja putri Desa Sukarame berbelanja bahan makanan bergizi seimbang di Pasar Carita pada 16 Agustus 2022.

FIK UI Beraksi Cegah Stunting

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat selama dua hari yang berlangsung pada 15-16 Agustus 2022 di Desa Sukarame, Pandeglang. Kegiatan ini yang dilakukan dengan mengangkat topik mengenai gizi untuk mencegah stunting yang ditujukan kepada remaja putri. Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini bertemakan “Ayo Beraksi (Bersama Remaja Aktif Sadar Gizi) Cegah Stunting”.

Kegiatan ini melibatkan 20 remaja putri dan ibu muda. Kegiatan diawali dengan diskusi mengenai kebutuhan gizi remaja guna mempersiapkan diri menuju tahap perkembangan dewasa. Selain itu, remaja juga diberikan materi mengenai kesehatan reproduksi oleh Dosen FIK UI Dr. Tri Budiati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Mat. Remaja putri di Desa Sukarame juga diajak untuk berbelanja langsung bahan makanan bergizi seimbang di Pasar Carita pada 16 Agustus 2022.

Dipimpin dan dibina langsung oleh Dosen FIK UI Poppy Fitriyani, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Kom., kegiatan ini melibatkan 11 mahasiswa FIK UI. Pengabdian dilakukan pada siang hari di selasar penginapan Tropical, Desa Sukarame. Hal ini dilakukan karena menunggu remaja pulang sekolah.

Penyuluhan Gizi Seimbang kepada remaja Desa Sukarame.

Berdasarkan fenomena yang terjadi Poppy menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu langkah pencegahan stunting yang dimulai dari para remaja.

“Remaja putri harus mempersiapkan diri secara mental dan fisik karena kedepannya adik-adik semua akan menjadi seorang ibu, sehingga diharapkan memahami mengenai pentingnya gizi, mengingat stunting atau kerdil bukan hanya terjadi sejak anak sudah lahir, namun sejak kandungan” kata Poppy.

Sekretaris Desa Sukarame, Sobri, berharap kegiatan ini memberikan manfaat dan dapat diterapkan para remaja di desanya. “Ini merupakan kegiatan yang bagus sekali, seperti yang kita tahu bahwa stunting juga bisa disebabkan sejak bayi dalam kandungan, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi bekal untuk remaja putri khususnya di Desa Sukarame ini,” kata Sobri.

Poppy dan Tim Pengmas FIK UI secara langsung memboyong peserta pengmas untuk berbelanja bahan makanan di pasar. Dengan metode ini remaja dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana memilih dan berbelanja bahan makanan bergizi seimbang. Hasil belanjaan yang sudah dibeli dapat dibawa pulang oleh peserta. Para remaja tampak antusias selama kegiatan berlangsung.

Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI berfoto bersama remaja Desa Sukarame.

Salah satu peserta mengaku senang mengikuti kegiatan ini. “Saya senang mengikuti kegiatan ini karena terdapat banyak aktivitas, Saya juga jadi lebih mengetahui mengenai gizi seimbang dan kandungannya yang harus ada,” ujarnya.

Selanjutnya diharapkan aktivitas ini dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menerapkan gizi seimbang untuk mencegah stunting pada generasi selanjutnya.

Adapun tim pengmas FIK UI penggagas program Ayo Beraksi (Bersama Remaja Aktif Sadar Gizi) Cegah Stunting ini adalah Ns. Poppy Fitriyani, M.Kep., Sp.Kep.Kom (Ketua); Ns. Ice Yulia Wardani,.M.Kep.,Sp.Kep.J; Dr. Tuti Nuraeni, M.biomed, Dr. Tri Budiati, M.Kep., Sp.Kep. Mat. beserta mahasiswa program sarjana keperawatan FIK UI. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI).