Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. (ist)

Sampah di TPA Burangkeng Setu Bekasi, Longsor

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terus berupaya mengatasi longsoran sampah di Tempat Pembuangan Akhir Burangkeng, Kecamatan Setu.  Dinas Lingkungan Hidup setempat  melakukan pengerukan dan pembenahan di lokasi.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Rahmat Atong mengatakan, pihaknya menurunkan 5 unit excavator dan 2 buldozer untuk membersihkan sampah yang longsor.

“Hingga saat ini kami terus melakukan pengerukan di lokasi longsor dengan alat berat, kami juga mengerahkan seluruh petugas dari 6 UPTD Kebersihan untuk membantu proses pengangkutan,” terangnya, Senin (17/10/2022).

Rahmat mengungkapkan, penanganan sampah secara konvensional saat ini belum dapat mengendalikan sampah di TPA Burangkeng. Akibatnya terjadi longsoran sampah yang diduga terjadi akibat landfill TPA Burangkeng yang telah melebihi kapasitas.

Ditambah, jarak bibir sungai dengan sampah yang sangat dekat, sehingga menyebabkan tanah mengalami abrasi. Saat terjadi abrasi, pagar pembatas yang ada roboh dan mengakibatkan sampah tumpah ke sungai dan menutup sebagian badan sungai.

Longsor sampah terjadi akibat gunung sampah yang terlalu tinggi, dan selama ini tidak ada pengolahan oleh pemerintah. (jonder sihotang)