Seorang petenis menahan bola yang dilepas lawannya di turnamen MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Senin (24/10/2022). (Ist/Dwi Ari Setyadi)

Tenis MedcoEnergi Siapkan Hadiah Terbesar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tennis (tenis lapangan) Indonesia (PP Pelti) berkerjasama dengan PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) menggelar turnamen tenis profesional bertajuk MedcoEnergi International Tennis Championships 2022. Kejuaraan ini masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Men’s World Tennis Tour.

Ajang khusus untuk petenis putra itu akan bergulir dua seri dalam dua pekan di lapangan Hotel Sultan, Jakarta mulai 24 Oktober hingga 6 November 2022. MedcoEnergi International Tennis Championships 2022 menyediakan total hadiah 25.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta tiap seri. Jumlah ini merupakan hadiah uang terbesar dalam sejarah kejuaraan tenis putra di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Perhelatan ini merupakan salah satu turnamen entry level profesional yang akan sangat bermanfaat bagi petenis tuan rumah untuk mengumpulkan  poin peringkat internasional. “Terima kasih PT Medco Energi International Tbk, PP PELTI sangat memerlukan adanya banyak kejuaraan seperti ini di Tanah Air sebagai ajang uji coba petenis nasional menyongsong Piala Davis dan SEA Games di Kamboja, awal tahun depan,” ucap Ketua Umum PP PELTI, Rildo Ananda Anwar, Senin (24/10/2022).

Sementara itu, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro berharap, para petenis putra putri Indonesia mampu berkiprah lebih banyak di level internasional. “Semoga dukungan yang kami berikan ini dapat menjadi dorongan semangat bagi para petenis dalam berprestasi,” ujar Hilmi.

Merujuk Acceptance List turnamen per Sabtu (22/10), Nam Hoang Ly dari Vietnam yang menempati peringkat singles ke-270 dunia akan menjadi unggulan teratas tunggal. Selain Muhammad Rifqi Fitriadi yang lolos langsung, wakil tuan rumah harus menggunakan fasilitas wildcard ke babak utama, yakni Nathan Anthony Barki, Tegar Abdi Satria Wibowo dan Lucky Candra Kurniawan serta Gunawan Trismuwantara.

Tuan rumah masih berpeluang menambah satu wakil di babak utama melalui Achad Imam Maruf di final kualifikasi. Imam sementara tertinggal dari Luke Sorensen (Australia) 4-6 1-1 saat laga terhenti hujan. Turnamen ini diikuti 12 negara yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Rusia dan Prancis serta Hungaria.