Durut PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim. ( jonder)

Bangun IPA Baru 500 l/d: Dampak Pembangunan Jalan Becakayu, IPA PDAM Bekasi Terganggu

BEKASI (IndependensI.com)- Dampak pembangunan jalan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu),  Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi yang berlokasi di Cabang Rawatembaga, Kota Bekasi, terganggu. Bahkan, kantor Cabang Rawatembaga yang terletak di Jalan Hasibuan Bekasi Timur, harus pindah.

Saat ini, di lokasi itu hanya tersisa IPA. Itupun ada sebagian IPA yang harus dibongkar karena terkena tiang jalan tol Becakayu. Dampaknya, pelayanan air bersih di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Bekasi Barat, terganggu.

Terkait hal itu, tahun 2023 direncanakan akan ada pembangunan IPA baru sebagai pengganti IPA yang lama di Kota Bekasi. Pembangunan IPA baru itu, nanti akan dilaksanakan di seputar Kantor Cabang Poncol yang tidak terlalu jauh dari IPA Rawatembaga. Kapasitas IPA yang akan dibangun, 500 liter perdetik.

Penjelasan itu diungkapkan Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, Kamis (10/11/2022). Pembangunan IPA kapasitas produksi 500 liter perdetik itu, juga termasuk program  peningkatan pelayanan air bersih  kepada pelanggan di Kota Bekasi.

Terkait hal itulah, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Bekasi tahun 2023, PDAM mengajukan permohonan penyertaan modal (PM) Rp 70 miliar. Semoga saja Pemkot Bekasi dapat mengabulkan pengajuan dana untuk peningkatan pelayanan air bersih di Kota Bekasi, harap Usep.

Hingga saat ini tahun 2022, penyertaan modal Pemkot Bekasi ke PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi baru sekitar Rp 60 miliar. Sementara jumlah pelanggan di wilayah Kota Bekasi sekitar 100.000 sambungan langganan (SL).

Karena Pemkot Bekasi sudah mempunyai PDAM sendiri yakni Perumda Tirta Patriot, maka PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang masih melayani warga Kota Bekasi, tidak lagi mengembangkan pelayanan di wilayah tersebut. Yang kami lakukan hanya  peningkatan pelayanan saja, tambah Usep. (jonder sihotang)