Melalui Siberkrasi Netizen Fair, Siberkreasi Mengenalkan Peluang Kepada Komunitas yang Ingin Ikut Serta di GNLD 2023 Mendatang

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Obrol-obrol Literasi Digital (OOTD) kali ini membahas mengenai Siberkreasi Netizen Fair 2022.

Setiap tahunnya, GNLD Siberkreasi selalu menyelenggarakan Siberkreasi Netizen Fair sebagai kegiatan puncak selebrasi kegiatan literasi digital bersama seluruh warganet yang didalamnya terdapat seminar, talkshow, workshop dan hiburan yang bertujuan untuk memfasilitasi warganet untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digitalnya agar lebih etis, aman, cakap, dan berbudaya dalam berdigitalberdigital.

Siberkreasi Netizen Fair (SNF) sebenarnya sudah diadakan sejak tahun 2017 yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta diikuti dengan Car Free Day dan diikuti lebih dari 10.000 orang.

“Jadi sebenarnya berbicara mengenai Siberkreasi Netizen Fair kan sudah ada sejak 2017 ya. Pertama kali digaungkannya juga Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Jadi intinya adalah bagaimana kita melakukan literasi dan edukasi secara massif kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memajukan dan mencerdaskan melalui digital,” jelas Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kominfo.

Di tahun 2023 OOTD rencananya akan kembali dilaksanakan. Siberkreasi membuka lebar peluang bagi para komunitas maupun organisasi yang ingin ikut serta mendukung gerakan Indonesia cakap digital ini.

“Ternyata antusias masyarakat atau netizen Indonesia juga lumayan tinggi ketika mereka mendengar Siberkreasi, programnya apa, kemudian kegitannya apa dan mereka akhirnya tertarik. Jika memang sudah memiliki kegitan dan komunitasnya sudah berjalan silahkan mengajukan profilenya nanti ke Siberkrasi, nanti akan kami review, dan biasanya jarang ada penolakan,” ungkap Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi.

Akan banyak ilmu yang akan dibagikan dalam Siberkreasi Netizen Fair 2022, tidak hanya soal tren digital di tahun mendatang, informasi terkait strategi memajukan UMKM di metaverse juga akan didapat para peserta yang hadir ke Siberkreasi Netizen Fair 2022.

“Sebenarnya nanti juga akan diajarin pada saat di sana bagaimana cara mengkomunikasikan produk kita melalui sosial media. Sekarang kan sosial media begitu powerfully,” pungkas Edhozell, Kepala Divisi Konten Siberkreasi.

Siberkreasi Netizen Fair 2022 akan kembali diadakan di kota Yogyakarta yang merupakan kota dengan indeks literasi digital tertinggi, yaitu 3,71. Kegiatan SNF 2022 akan diadakan secara hybrid (Luring dan daring) pada tanggal 10 Desember 2022 di Hotel Grand Inna Malioboro dan bisa mendaftar di s.id/daftarsnf2022.
Untuk bisa terus mendapatkan informasi ter-up to date mengenai kegiatan Zoom Bareng dan kegiatan seru lainnya, dapat dilihat di info.literasidigital.id atau follow media sosial @siberkreasi.