Nathan Barki (kiri) dan Christopher Rungkat. (Dok/Dwi Ari Setyadi)

Nathan/Christo Tembus Babak Final

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra Indonesia, Nathan Anthony Barki/Christopher “Christo” Rungkat berhasil melangkah ke babak akhir Medco Power Indonesia International Tennis Championships usai mengempaskan duet India, Jumat (20/1/2023).

Pada laga semifinal turnamen berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 234 juta yang berlangsung di lapangan The Sultan Hotel & Residence Jakarta itu, Nathan/Christo unggul atas Ishaque Eqbal/Karan Singh 7-5 3-6 10-3.

“Sebuah partai semifinal yang bagus karena empat petenis punya kualitas yang mumpuni. Pelajaran berharga bagi kami karena bisa keluar dari tekanan, mampu mematahkan servis lawan di game kesebelas set pertama dan menang 7-5,” papar Christo usai laga. “Set kedua, kami akui agak lengah dan bisa bangkit saat super tie break di set penentu,” imbuh petenis peringkat ganda 200 dunia ini.

Di final, Sabtu (21/1/2023), unggulan keempat itu akan meladeni ganda Tsung-Hao Huang (Taiwan)/Duckhee Lee (Korsel) yang di semifinal sukses menyingkirkan Kenny Bun (Kamboja) /Arthur Weber (Perancis) 6-2 6-0.

Sejak berpasangan tahun lalu, Nathan/Christo telah bermain dalam lima ajang seri ITF Men’s World Tennis Tour dengan minimal mampu menjejak babak empat besar. Partai pamungkas Medco Power Indonesia International Tennis Championships ini merupakan yang kedua bagi duet petenis yunior dan senior ini.

“Cukup finalis sekali saja, sekarang saatnya juara,” tekad Nathan. “Apalagi tahun ini kami semakin kompak dan Nathan telah bekerja keras meningkatkan performanya,” sahut Christo memuji tandemnya.

Di nomor tunggal pekan pertama Medco Power Indonesia ITF M15 Jakarta ini tercipta semifinal ideal yang diisi oleh empat petenis unggulan teratas. Jagoan Australia, Thomas Fancutt yang menempati seeded pertama bakal berjibaku menghadapi unggulan keempat, Sidarth Rawat (India). Sedangkan unggulan kedua, Arthur Weber dari Prancis meladeni seeded ketiga, Tsung-Hao Huang asal Taiwan.

Pada hari Kamis (19/1/2023), Indonesia telah kehilangan peluang merebut gelar di nomor tunggal. Satu-satunya wakil tim Merah Putih di babak kedua, Anthony Susanto harus mengakui ketangguhan unggulan kedua, Arthur Webber dari Perancis. Webber yang berbasis di Vietnam ini menang straight set, 6-1 6-1.