Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Dampak Banjir, Pemkab Bekasi Alokasikan Anggaran  Rp 2,5 Miliar

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna membantu masyarakat dampak banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelontorkan dana sekitar Rp 2,5 miliar. Dana tersebut digunakan untuk mengatasi persoalan yang ditimbulkan akibat banjir yang melanda 9 kecamatan.

“Pemerintah daerah menggelontorkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir sebesar Rp 2,5 miliar,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Rabu (8/3/2023).

Menurutnya, dana tersebut berasal dari Biaya Tak Terduga (BTT) Pemkab Bekasi. Dengan rincian, sebesar Rp 1 miliar digunakan untuk biaya angkut barang, perawatan, evakuasi, pembelian karung, bronjong, pompa air dan solar.

Selanjutnya, Rp 1,5 miliar lainnya digunakan untuk keperluan warga seperti pemberian bantuan makanan, pakaian serta pendirian dapur umum.

Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi sejak sepekan lalu, kini berangsur-angsur telah surut. Dari 9 kecamatan, tersisa hanya 5 kecamatan dan 9 desa yang masih tergenang. Ketinggian genangan sudah di bawah 40 cm.

Sebagian besar masyarakat yang sempat mengungsi, kini sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, tanggap darurat banjir masih berlaku. (jonder sihotang)