Penggunaan TapCash BNI Pada Momentum Ramadhan dan Lebaran Sangat Signifikan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Lebaran merupakan momen tahunan di mana masyarakat yang tinggal di Ibu Kota pulang ke kampung halaman di berbagai daerah.

Pergerakan masyarakat dalam momen tersebut mendorong banyak transaksi kartu elektronik untuk beragam pembayaran nontunai, baik saat di perjalanan maupun setelah sampai tempat tujuan.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. memperkirakan terjadi peningkatan signifkan untuk kartu TapCash pada Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

BNI terus memastikan infrastruktur yang dimiliki siap untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi maupun untuk isi ulang saldo TapCash.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan BNI memperkirakan volume penggunaan kartu TapCash akan meningkat di berbagai sarana transportasi yang digunakan untuk mudik seperti jalan tol, kereta listrik maupun tempat parkir.

Selain itu, perseroan juga memprediksi peningkatan transaksi TapCash di berbagai merchant pendukung seperti merchant minimarket dan lainnya. BNI terus berupaya memudahkan nasabah dalam mengisi ulang atau top up saldo TapCash di mana pun mereka berada, mengingat tingginya kebutuhan nasabah terhadap TapCash.

Nasabah dapat melakukan pengisian saldo dengan mudah di ponsel masing-masing, dengan dukungan aplikasi BNI Mobile Banking dan TapCash Go, dan berbagai channel BNI maupun mitra seperti Agen46 dan mitra peritel mini market.

“Tentunya nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan mudah menggunakan TapCash di berbagai merchant penunjang transaksi selama mudik 2023,” kata Okki.

Okki menjelaskan, hingga Maret 2023 transaksi kartu TapCash meningkat sebesar 50% year on year (YoY). Peningkatan transaksi ini terjadi karena beberapa faktor. Pertama, BNI baru saja merilis TapCash edisi spesial yaitu TapCash edisi NCT 127, seiring dengan animo yang sangat besar dari komunitas KPOP di Indonesia. TapCash spesial ini berhasil menyumbang peningkatan transaksi kartu TapCash.

Kedua, BNI senantiasa melakukan ekspansi ke berbagai merchant baru seperti merchant F&B maupun entertainment. Pada tahun 2023, BNI menargetkan TapCash tidak hanya aktif digunakan di jalan tol saja, juga aktif digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya seperti parkir.

Ketiga, untuk memaksimalkan fungsi dari produk TapCash BNI, perseroan telah melakukan serangkaian pengembangan untuk TapCash, seperti pemberian kemudahan dalam melakukan TopUp melalui handphone pribadi dengan aplikasi BNI Mobile Banking, TapCash Go maupun aplikasi mitra BNI.

Dengan serangkaian terobosan itu, Okki menambahkan perseroan menargetkan peningkatan transaksi TapCash lebih dari 60% pada di tahun ini.

“Terlebih, kami saat ini tengah melakukan ekspansi co-branding dengan berbagai lembaga perbankan daerah (BPD) maupun dompet digital. Tentunya, melalui ekspansi ini BNI berperan sebagai enabler transaksi TapCash untuk berbagai lembaga perbankan daerah tersebut,” pungkasnya. (hpr)