Para karyawan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi saat memperagakan simulasi kesiapsiagaan bencana gempa berkumpul di halaman masjid. (humas)

Simulasi Kesiapsiagaan Gempa di Kantor PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Ratusan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, melaksanakan simulasi kesiapsiagaan jika terjadi gempa.  Simulasi bertempat di Kantor Pusat, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Kamis (11/5/2023).

Kantor PDAM ini, berlantai empat yang dihuni ratusan karyawan setiap hari kerja. Dalam simulasi, guna mengetahui  cara menguasai prosedur kesiapsiagaan demi keamanan diri.

Para  karyawan PDAM  mempraktikkan langsung pemahaman mereka atas kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi dengan melakukan simulasi.  Karyawan tersebut tampak mengamankan diri ke luar gedung kantor saat terasa getaran gempa bumi demi mengantisipasi potensi tertimbun reruntuhan bangunan.

Ada pun karyawan yang tertahan di dalam ruangan, memilih berlindung di bawah meja untuk mengantisipasi hal serupa.  Mereka ada yang menggunakan tangga darurat berlarian ke luar ruangan.

Simulasi ini perlu terus disosialisasikan agar karyawan lebih terbiasa, karena belakangan ini gempa lebih sering terjadi. Dengan memahami prosedurnya, diharapkan karyawan tidak lagi panik saat gempa terjadi dan bisa menyelamatkan diri dengan tenang hingga suasana aman,” ucap Kepala Bagian SDM  PDAM, Siti Aminah.

Aminah menambahkan, simulasi kesiapsiagaan terhadap bencana gempa tersebut juga diabadikan berupa video yang nantinya bisa ditayangkan di internal PDAM Tirta Bhagasasi, selain juga disertakan dalam perayaan puncak simulasi tanggap bencana tingkat Kabupaten Bekasi yang rencananya dihelat Senin (15/5/2023).

Beberapa karyawan mengakui, simulasi seperti ini sangat diperlukan karena yang namanya gempa tiba-tiba, dan kita harus mengetahui prosedur mengamankan diri.  Setidaknya simulasi ini menjadi acuan jika terjadi sesuatu, katanya. (jonder sihotang)