Gus Falah Dukung Upaya PLN Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mendukung upaya PT PLN dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Sebagaimana dinyatakan dalam pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2023 yang berlangsung di Jakarta baru-baru ini, PLN bertekad terus menambah jumlah fasilitas pengisian daya kendaraan listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga mencapai 300 ribu.

Selain itu, PLN juga menyediakan berbagai promo untuk pemasangan daya baru bagi para pemilik mobil listrik. PLN pun memberikan promo untuk pemilik mobil listrik yang tidak mau memasang daya baru, tapi ingin menambah daya.

“PLN selama ini konsisten melakukan berbagai upaya untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, hal ini patut diapresiasi,” papar Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/5/2023).

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, tahun lalu PLN sudah menggandeng tujuh produsen mobil listrik, tujuh produsen motor listrik serta Grab Indonesia guna memasifkan penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Beberapa waktu lalu, lanjut Gus Falah, PLN juga telah berkolaborasi dengan tiga manufaktur motor listrik serta Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik ke pasar Indonesia.

“Semua upaya itu menunjukkan PLN serius mendorong terbangunnya ekosistem kendaraan listrik di negeri ini, komitmen PLN ini sangat tepat karena memang kendaraan listrik adalah tren peradaban masa depan,” papar Gus Falah

“Apalagi, kalau kita lihat fakta bahwa penjualan mobil listrik sejak 2019 tidak lebih dari 25 ribu unit, ditengah penjualan mobil pribadi mencapai 1 juta unit per tahunnya, jadi masih sangat kecil. Maka, langkah untuk penetrasi pasar secara serius memang dibutuhkan,” tambah Anggota DPR-RI Dapil Jatim X itu.