Suasana jumpa pers Kapal Api Group Indonesia Open 2023 di Jakarta, Senin (12/6/2023). (Humas PBSI)

Indonesia Open 2023 Tampilkan Pemain Kelas Dunia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Turnamen bulutangkis bergengsi bertajuk Kapal Api Group Indonesia Open 2023 siap digelar. Ajang prestisius level Super 1.000 berhadiah total 1,3 juta dolar AS ini berlangsung pada 13-18 Juni di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pemain-pemain top dunia dipastikan turut ambil bagian dalam usaha mereka meraup poin ke Olimpiade Paris 2024. Memang, Indonesia Open 2023 ini masuk dalam agenda Race to Olympics yang kick off bulan lalu. “Saya atas nama PBSI mengucapkan selamat datang kepada seluruh atlet-atlet bulutangkis top dunia yang akan berlaga di turnamen Kapal Api Group Indonesia Open 2023,” kata Moh Fadil Imran, Sekretaris Jenderal PP PBSI seperti dikutip dari rilis Humas PBSI, Senin (12/6/2023).

Total 268 pemain dari 20 negara berebut takhta juara yang pastinya menambah keseruan dan sengitnya persaingan. Indonesia Open 2023 kali ini juga mengusung konsep Sportainment yakni l suguhan pertandingan bulutangkis kelas dunia dipadukan dengan pertunjukan-pertunjukan budaya, baik tradisional maupun kontemporer, seni instalasi, mural dan konser musik yang menambah semarak.

“Istora sedang bersolek untuk menggelar turnamen bulutangkis bergengsi Kapal Api Group Indonesia Open 2023. Persiapannya sudah mencapai 95%,” ujar Armand Darmadji, Ketua Panitia Pelaksana. “Antusiasme pencinta bulutangkis Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Kami sudah menjual 90% tiket secara online dan habis. Tersisa hanya sedikit untuk penjualan on the spot di hari pertandingan,” imbuh Armand.

Mundur

Sementara itu, ganda putra andalan tuan rumah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo urung bermain. Pasalnya, Marcus mengalami sedikit masalah di bagian tumit kanan. Marcus mundur akibat cedera seusai sebelumnya mengalami masalah pada bagian punggung. Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi menyebut bahwa cedera yang dialami Marcus sejatinya sudah lama.

Setelah menjalani beberapa terapi penyembuhan, suami dari Agnes Amelinda Mulyadi itu akhirnya kembali merasakan rasa sakit sehingga harus menepi untuk menyembuhkan cedera di bagian tumit kanannya. “Marcus Fernaldi Gideon mengalami sakit di bagian tumit kanan. Sebelumnya memang sudah melakukan operasi di bagian tumit kiri. Dalam perjalannya kaki di bagian kanan mulai terasa sakit sehingga harus dilakukan terapi hingga dibalut,” ungkap Herry.

Kondisi psikologis peraih medali emas Asian Games 2018 itu sendiri sejauh ini dalam keadaan baik. Kendati dalam beberapa turnamen terakhir belum naik podium, juara Indonesia Open 2021 itu sejatinya dalam kondisi siap bertanding. “Kami akan berbicara lagi setelah turnamen Indonesia Open 2023. Komunikasi keduanya berjalan dengan sangat baik. Saya melihat di antara keduanya tidak ada masalah. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tambahnya.

Selain Marcus/Kevin, tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito juga mundur akibat masih mengalami cedera. Pemain kelahiran 3 Maret 1994 itu masih belum bisa bermain seusai masih menjalani penyembuhan cedera di bagian betis. Kepala pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah menyebut bahwa Vito, sapaan akrab Shesar, tidak bisa bermain seusai masih menjalani recovery dari cedera.

“Sebenarnya Vito sudah membaik dan tinggal sedikit lagi sembuh dari penyembuhan cedera. Kendalannya sekarang ialah persiapan menjelang pertandingan yang kurang. Jadi saya putuskan untuk tidak bermain terlebih dahulu,” ujar Irwansyah.

Mundurnya Shesar Hiren Rhustavito membuat sektor tunggal putra Indonesia akan mengandalkan pemain-pemain seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Ketiga pebulutangkis Indonesia diharapkan bisa meraih prestasi terbaik di ajang Kapal Api Group Indonesia Open 2023.

Skuad bulutangkis Indonesia menurunkan sekitar 21 pemain dengan rincian, tiga tunggal putra, dua tunggal putri, lima ganda putra, lima ganda putri, dan enam ganda campuran.