Mohammad Ahsan sedang mengejar shuttlecock di depan Hendra Setiawan di laga turnamen Kapal Api Group Indonesia Open 2023 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (15/6/2023). (Independensi/Tyo Pribadi)

Hendra/Ahsan Tampil Maksimal

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra kawakan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus memendam kecewa dikalahkan duet muda Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di turnamen bulutangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023, Kamis (15/6/2023). Pasangan Pramudya/Yeremia harus mengeluarkan ekstra stamina untuk menundukkan performa tangguh Hendra/Ahsan dengan rubber game 21-18, 19-21, 21-23.

Pasangan semifinalis Olimpiade Tokyo 2020 itu mengakui keunggulan pasangan rangking 25 dunia tersebut. Ganda putra senior itu menilai The Prayer, julukan Pramudya/Yeremia, tampil apik saat tertinggal. Tidak heran runner up All England 2023 itu harus mengakui keunggulan Pramudya/Yeremia dalam pertarungan yang berlangsung 54 menit.

“Pada laga ini lawan bermain lebih baik. Kami sudah mengenal karakter pemainan lawan karena sering berlatih satu sama lain. Saya menilai saat poin-poin kritis mereka bermain lebih tenang ketimbang kami,” ungkap Hendra seperti dikutip dari Humas PBSI. “Saya mengakui pada pertandingan ini lawan lebih baik ketimbang kami,” timpal Ahsan.

Dengan hasil ini Ahsan/Hendra untuk kali pertama menyerah kepada Pramudya/Yeremia dalam lima pertemuan terakhir. Menilik rekor pertemuan terakhir di All England 2023, Ahsan/Hendra mampu meraih kemenangan dengan skor 25-23, 21-18.

Kekalahan ini tidak begitu disesali mengingat runner up juara dunia 2022 itu mengaku sudah tampil maksimal selama turnamen BWF Super 1000 tersebut meski hasilnya tidak memuaskan. “Kami sudah mengeluarkan bentuk permainan kami di turnamen ini dan kami menilai penampilan kami sudah maksimal,” tambah Ahsan.

Rencananya setelah tampil di Kapal Api Indonesia Open 2023, The Daddies, julukan Ahsan/Hendra, akan mempersiapkan diri untuk tampil di turnamen berikutnya. Terdekat pasangan rangking delapan dunia itu akan tampil di turnamen Canada Open 2023 yang akan berlangsung pada 4 hingga 9 Juli mendatang.

“Setelah ini kami akan bertanding di Canada Open 2023. Kami akan mempersiapkan diri untuk tampil di ajang tersebut dan baru ke depannya membicarakan targetnya,” pungkas Ahsan.

Pada babak perempatfinal Kapal Api Group Indonesia Open 2023, Indonesia menempatkan tujuh wakil. Dari sektor tunggal putra meloloskan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Selain tunggal putra, dari ganda putra ada nama-nama Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambita, Leo Rolly Carnando/Daniel Marhin, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Untuk sektor ganda putri tersisa Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Adapun untuk sektor ganda campuran praktis tinggal pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.