Penandatanganan bantuan dana pemilu 2024 dari Pemrov Jawa Barat kepada para kepala daerah. (humas)

Pemprov Jawa Barat Siapkan Rp 700 Miliar  Bantu Pilkada di Daerah

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama para kepala daerah se Jawa Barat dipimpin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  menandatangani ‘Naskah Kesepakatan Bersama Tentang Komitmen Pendanaan Bersama pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024’, kemarin di Bandung.

Naskah kesepakatan bersama berisikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mendanai tujuh komponen Pilkada 2024 dari sembilan komponen yang ada, sehingga Pemerintah Kota/Kabupaten se- Jawa Barat hanya mendanai dukomponen yang tersisa.

Gubernur Ridwan Kamil, menyebutkan, Pilkada 2024 serentak di Jawa Barat dibiayai bersama oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dimana dari sembilan komponen pembiayaaan Pilkada, Pemerintah Provinsi memutuskan untuk mengambil alih tujuh komponen, dan dua komponen lainnya dibiayai oleh Pemda setempat

Dengan demikian,  sehingga Pemprov mengeluarkan sekitar Rp  700 miliar  dengan perkiraan anggaran untuk Kabupaten/Kota rata-rata ada mulai dari Rp 30 miliar  dan tidak lebih dari Rp 100 miliar, ungkapnya..

Ridwan Kamil juga berharap agar masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Barat dapat menggugah partisipasi para pemilih untuk menyumbangkan hak pilihnya dengan sosialisasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat.

“Berikan informasi tentang Pilkada kepada masyarakat dengan tepat, ajak dan tingkatkan partisipasi mereka untuk gunakan hak pilihnya nanti, lakukan langkah-langkah preventif akan penyebaran _hoax_ sehingga tidak timbul pemahaman yang _misleading_ di tengah-tengah masyarakat, jadikan Pilkada sebagai pesta demokrasi yang bersih dan jujur serta bisa dinikmati dengan gembira oleh masyarakat,” tambah Ridwan Kamil.

Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menanggapi baik kesepakatan pendanaan bersama Pilkada 2024 tersebut. Ia menyampaikan bahwa, kita secara komitment semarakan pesta demokrasi secara aman nyaman dan kondusif, semoga semua dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya. (jonder sihotang).