Bakal calon legislatif

Janji Tinggal Janji Dua Kader PDIP Saat Kampanye di Pasir Putih – Kampar

Loading

Pekanbaru (Independensi.com) –Dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mencalonkan diri sebagai calon legislative (Caleg) pada tahun 2019 – 2024 dari daerah pemilihan (Dapil) meliputi Kabupaten Kampar, diduga melakukan pembohongan. Kedua kader itu masing-masing Marsiaman Saragih SH – Caleg DPR RI dapil Riau 2, dan Ir Anita Doriana Girsang – saat itu mencalonkan diri sebagai calon anggota  DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Kabupaten Kampar.

Adapun dugaan pembohongan itu, berupa janji yang disampaikan Marsiaman Saragih SH dan Ir Anita Doriana Girsang, yang akan menyerahkan bantuan  sebuah mobil ambulance kepada warga masyarakat Kecamatan Siak Hulu – Kabupaten Kampar, Riau. Janji itu  disampaikan saat kampanye terbuka di gedung Jambur Pulungen – Jl Baja, Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Dihadapan ratusan masyarakat yang memadati gedung Jambur Pulungen saat itu, Marsiaman Saragih SH bersama Ir Anita Doriana Girsang dengan suara lantang mengatakan, akan menyerahkan 1 buah mobil ambulance sebagai bantuannya untuk masyarakat Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Hal itu dikatakan Darwin Silaban (Pak Rinto) dan Guntur Sihombing (Pak Roby) kepada Independensi.Com secara terpisah, Kamis (20/7), di Pasir Putih, Siak Hulu – Kampar.

Kedua tokoh masyarakat Siak Hulu itu mengakui bahwa, 2 orang calon legislative (Caleg) periode 2019 – 2024 dari PDIP  itu berjanji, akan menyerahkan sebuah mobil ambulance kepada warga masyarakat Siak Hulu.

Janji itu disampaikan tahun 2019 lalu saat kampanye terbuka di gedung Jambur Pulungen dihadapan ratusan orang.

“Banyak yang dengar, hanya saja, janji itu sepertinya tinggal janji, namanya lah janji caleg, kapan realisasinya tidak diketahui,” kata Pak Roby.

Lebih lanjut Guntur mengatakan, sepertinya sudah menjadi kebiasaan.

Seorang caleg jika saat-saat mencalonkan diri, akan berusaha tampil sebaik mungkin.

Berbagai upaya dilakukan untuk menggaet suara atau dukungan, dan tidak jarang mengumbar janji-janji, walaupun janji itu pada akhirnya merupakan sebuah kebohongan.

Saat pemilu 2019 lalu, Ir Anita Doriana Girsang tidak terpilih, sementara Marsiaman Saragih SH terpilih, berhasil duduk di DPR RI.

Guntur yang lebih dikenal sebutan Pak Roby ini mengatakan, sekarang Ir Anita Doriana Girsang masih mencalonkan diri sebagai Bacaleg Dapil V untuk  DPRD Kabupaten Kampar.

Sama halnya dengan Marsiaman Saragih yang disebut-sebut masih tetap mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif untuk DPR RI yang berkantor di Senayan – Jakarta.

“Apakah kedua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini masih mengumbar janji-janji bohong,” ujar Pak Roby.

Terkait janji dua kader PDI Perjuangan saat pencalonan legislative tahun 2019 lalu kepada masyarakat Pasir Putih – Siak Hulu, juga diakui Darwin Silaban biasa dipanggil Pak Rinto.

Menurut pengusaha Lapo Mangan ini, saat kampanye tersebut, Marsiaman Saragih dan Anita Doriana Girsang yang sama-sama calon legislative (Caleg) dari PDI Perjuangan mengatakan, akan membantu warga Siak Hulu sebuah mobil ambulance.

Saat acara kata Pak Rinto, mobil ambulance yang dihiasi lambang PDI Perjuangan itu, di parkirkan di depan gedung Jambur Pulungen.

Sebagai tanda penyerahan mobil ambulance, saat itu, secara simbolis, Marsiaman Saragih bersama Anita Girsang menyerahkan sebuah duplikat kunci yang terbuat dari karton kepada salah seorang perwakilan masyarakat Pasir Putih.

“Saya lupa perwakilan warga yang menerima duplikat kunci, tapi saya pastikan, hal itu dilakukan,” kata Pak Rinto.

Ditanya dimana sekarang mobil ambulance yang dijanjikan kedua kader PDI-P itu, menurut Darwin, namanya saja janji caleg di saat kampanye, kalau sudah lewat, janji itu dianggap hanya live service saja.

Jika masyarakat menagih, jawaban agar bersabar, hingga akhir masa jabatan, janjinya tetap tinggal janji. Sekarang tahun politik sudah dekat, para caleg telah berupaya melakukan pendekatan ditengah masyarakat.

Apakah Anita Doriana Girsang dan Marsiaman Saragih masih akan mengumbar janji pada warga Pasir Putih,” ujar Darwin dengan nada tanya.

Ketika janji akan menyerahkan bantuan mobil ambulance ini dikonfirmasi melalui whatsaap kepada Marsiaman Saragih SH anggota DPR RI dari Fraksi PDIP daerah pemilihan Riau II, anggota Komisi III DPR RI ini tidak menjawab.

Sementara Ir Anita Doriana Girsang menjawab pertanyaan Independensi saat ditanya janji akan menyerahkan bantuan mobil ambulance kepada warga Pasir Putih – Siak Hulu mengatakan, hal itu tidak perlu diungkit-ungkit.

Sebenarnya kata Anita Doriana Girsang dalam whatsaap yang dikirimkan kepada Independensi.com, hal itu tidak perlu dibahas.

Tapi saya senang agar ada klarifikasi dan berita yang berimbang ditengah  masyarakat.

Walaupun sebenarnya tidak terlalu penting, kok baru sekarang di pertanyakan, sudah 5 tahun yang lalu, kata Anita tanpa penjelasan rinci, hanya memberitahukan bahwa Anita Doriana Girsang saat ini sebagai Bacaleg PDI Perjuangan Dapil V untuk DPRD Kabupaten Kampar. (Maurit Simanungkalit)

One comment

  1. Terkait pemberitaan ttg Bacaleg Anita Doriana Girsang, alangkah baiknya pemberitaan anda tdk brt sebelah. Sehrsnya sbg jurnalis, anda mestinya tau kode etik jurnalistik. Setlh sya bca berita yg anda muat ini, menurut sya berita yg anda tulis ini msh blm layak di komsumsi masyarakat. Krn anda blm bertemu lgsung dgn narasumber yg mrasa dirugikan dlm pemberitaan yg anda buat ini. Anda hnya sekedar mengirimkan wa sja kpda pihak yg di beratkan. Alangkah baiknya jka anda mengklarifikasi pda sumbernya lgsung. Tdk melalui wa. Anda sdh menyalahi kode etik jurnalistik. Pemberitaan anda ini simpang siur. Krn tdk ada klarifikasi lgsunh yg akurat trhadap figur yg mnjdi topik pemberitaan anda.

Comments are closed.