Legislator PKB Maman Imanulhaq Berniat Bangun Stadion Berstandar Nasional di Majalengka

Loading

MAJALENGKA (IndependensI.com) -Turnamen sepak bola antar desa di Majalengka, yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni KM Cup akhirnya selesai digelar di Lapangan Desa Wanajaya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Inisiator sekaligus pendukung utama turnamen KM Cup, KH Maman Imanulhaq  terlihat gembira melihat tingginya antusiasme warga Majalengka yang ikut berpartisipasi pada turnamen tahunan itu.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini optimis Majalengka bakal menelurkan bibit-bibit pemain sepak bola yang prestasinya bisa sampai tingkat nasional, bahkan sampai ke level internasional.

Melihat hal tersebut, politisi PKB menyampaikan idenya untuk membangun stadion sepak bola kebanggaan warga Majalengka di Desa Wanajaya.

Dilakukannya pembangunan stadion itu, lanjut dia, karena di Majalengka belum ada stadion sepak bola yang memiliki standar nasional.

“Saya pikir Majalengka sudah saatnya memiliki stadion yang representatif, sesuai dengan standar nasional yang dapat dimanfaatkan untuk event-event nasional,” kata Kiai Maman.

Selain itu, ia menyebut sudah seharusnya Majalengka memiliki kesebelasan sepak bola yang mampu bersaing di pentas liga 1. Apalagi sejarah persepakbolaan di Kabupaten Majalengka ternyata sudah ada lebih dulu daripada Persib Bandung.

“Tim sepak bola Majalengka itu ada sejak tahun 1915 yakni MVC atau Madjalengka Voetbal Comite. Sementara dari BIVB (Bandoeng Indlansch Voetbal Bond) muncul belakangan pada tahun 1923 sebagai cikal bakal Persib,” ujarnya.

Kiai Maman menjelaskan, sejarah persepakbolaan Majalengka bukan baru dimulai sejak masa milenial, namun sudah ada bahkan sebelum Indonesia merdeka.

Ia berharap sepak bola Majalengka bisa kembali berjaya seperti kala dan menjadi kebanggaan warga sekitar Majalengka bahkan Jawa Barat.

Di lokasi serupa, Kuwu Wanajaya Neng Wardah yang turut menonton final KM Cup mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sponsorship yang diberikan KH Maman Imanulhaq untuk sepak bola Majalengka.

Neng mengatakan bahwa dukungan ini bukan kali pertama diberikan kepada Wanajaya. Ia menyebut, Kiai Maman tercatat banyak membantu masyarakat mulai dari program perbaikan rumah terutama Program RST dan juga program yang melibatkan anak muda.

“Tentu dukungan dan juga bantuan yang dilakukan Kiai Maman akan semakin memotivasi masyarakat untuk terus membangun Wanajaya dengan baik,” ucap Neng Wardah.

Pada penutupan KM Cup, Kiai Maman secara langsung menyerahkan piala kepada para pemenang. Ia didampingi oleh calon anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Upik Rofiqoh, Caleg DPRD Majalengka Ade Duryawan, Kapolsek, dan juga Koramil setempat.

Diketahui, tim sepak bola yang didapuk sebagai pemenang adalah PS Amora dari Kadipaten, juara kedua PS Ranji, serta ketiga adalah PS Gunungsari. ()