Jaksa Agung: Penegakan Hukum Harus Setara Tidak Tebang Pilih

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung Burhanuddin mengingatkan jajaran Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk terus mewujudkan keadilan progresif yang humanis yang berkemanfaatan dan menempatkannya secara proporsional dengan menjunjung tinggi profesionalitas.

“Ingat semua orang di mata hukum itu sama. Karena itu penegakan hukum harus setara dan tidak tebang pilih,” kata Jaksa Agung saat meresmikan Gedung baru Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (27/09/2023).

Jaksa Agung sebelumnya mengatakan sebagai bagian dari institusi pemerintah di bidang penegakan hukum, Kejaksaan mempunyai tanggung jawab besar untuk menjadi lokomotif pendorong terwujudnya supremasi hukum di Indonesia.

“Namun dalam mengemban tugas tanggung jawab tersebut seringkali harus menghadapi berbagai tantangan dan hambatan beragam,” tuturnya.

Oleh karena dia menekankan kemegahan gedung baru Kejati harus dimaknai sebagai wujud dari tekad dan niat baik yang tulus serta sebuah bentuk komitmen dari Kejati DKI Jakarta untuk mendorong semakin tegak dan terjaganya hukum, keadilan dan kebenaran di Jakarta.

“Sekaligus memberikan pelayanan publik yang optimal bagi seluruh masyarakat,” ujarnya seraya menyebutkan pembangunan gedung yang megah ini wujud dukungan dari masyarakat yang mengidamkan layanan hukum yang berkualitas, yang tegas dan tidak pandang bulu dalam penegakan hukum.

Selain itu katanya, sebagai komitmen dari Pemprov DKI Jakarta terhadap aparat penegak hukum khususnya Kejati DKI Jakarta dengan memberikan sarana dan prasarana yang memadai bagi kelancaran tugas dan fungsi Kejaksaan yang diemban, agar dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Dia pun berharap Kejati DKI Jakarta dapat meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kerja sama yang telah terjalin menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Apalagi, tuturnya, dalam penegakan hukum di Indonesia, Kejati DKI Jakarta memiliki peranan penting dengan posisi sangat strategis dari segala lini.

“Sehingga harus siap berhadapan dengan ekspektasi yang tinggi dari masyarakat yang senantiasa menuntut keberhasilan kinerja, tugas, dan fungsi Kejaksaan di DKI Jakarta,” ujarnya.

Peresmian gedung baru Kejati DKI Jakarta antara lain dihadiri Ketua Komisi Kejaksaan, Ketua DPRD DKI Jakarta, JAM Pembinaan dan JAM Pidsus serta Kajati DKI dan pimpinan Forkopimda DKI Jakarta.(muj)