Ilustrasi. (Dok/Ist)

Lisa Rumbewas Tutup Usia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Atlet angkat besi putri, Lisa Rumbewas meninggal dunia di RSUD Jayapura pada Minggu (14/1/2023) dini hari. Olimpian bernama lengkap Raema Lisa Rumbewas itu memiliki segudang prestasi. Selain medali perak dan perunggu di Olimpiade, Lisa juga langganan meraih emas di pesta olahraga nasional (PON) maupun regional (SEA Games).

Lisa menjalani debut di pentas olahraga terbesar di dunia itu pada Olimpiade Sydney 2000. Di ajang tersebut, Lisa meraih medali perunggu ketika tampil di kelas 48kg. Sukses ini berlanjut empat tahun kemudian pada Olimpiade Athena 2004. Dalam event tersebut, Lisa meraih medali perak. Lisa tampil maksimal di kelas 53kg.

Prestasi ketiga Lisa didapat dalam ajang Olimpiade Beijing 2008 dengan medali perunggu menyusul atlet angkat besi Nastassia Novikova yang ada di urutan ketiga positif menggunakan doping. Hanya saja medali tersebut baru diberikan pada tahun 2017.

Lifter kelahiran Biak, 10 September 1980 ini berasal dari keluarga atlet, dimana sang ayah, Levi Rumbewas pernah menjadi binaragawan terbaik Indonesia. Sedangkan ibunya, Ida Korwa juga seorang lifter. Belum ada keterangan penyebab wafatnya Lisa.